Ini 7 Instruksi Bupati Karo Cegah Virus Corona

JELAJAHNEWS.ID,KARO – Guna menghadapi ancaman Virus Corona atau Coronavirus Disease (Covid-19), Bupati Karo Terkelin Brahmana mengeluarkan tujuh perintah kepada jajaran Pemkab Karo.

Dalam hal ini pihak RSUD Kabanjahe mengimbau warga yang alami suhu badan 38 derajat Celcius, batuk, sakit tenggorokan, sesak napas agar memeriksakan diri ke pihak kesehatan terdekat.

Ketujuh perintah itu disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam koordinasi Kesiapsiagaan Penyebaran Virus Corona di Lantai III Kantor Bupati Karo, yang dihadiri Kajari karo Denny Achmad, Waka Polres Karo Kompol Hasian Siagian, Asisten II Pembangunan Dapat Kita Sinulingga, Kadis Kesehatan Irna Safrina Meliala, Kakesbang Tetap Ginting, Kepala Tata Usaha RSUD Kabanjahe Agnes Tarigan, pimpinan OPD Pemkab Karo dan para ASN, kamis (12/03/2020).

Ketujuh instruksi Bupati Karo tersebut meliputi, pertama menyebarluaskan imbauan kepada masyarakat melalui Dinas Komunikasi dan Informasi agar tetap bersikap tenang, tidak panik, tidak berlebihan membeli kebutuhan dan tidak menimbun bahan kebutuhan pokok serta berperilaku hidup sehat, bersih dan menjaga kesehatan diri.

Kedua membentuk Tim Terpadu Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Karo dan kecamatan masing -masing dengan melibatkan Forkopimda dan instansi terkait.

Ketiga melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pengendalian risiko penularan infeksi Covid-19 di wilayah Kabupaten Karo dan kecamatan; keempat membuat dan melaksanakan kebijakan teknis peningkatan kewaspadaan risiko penularan infeksi Covid-19 beserta pencegahan dan pengendaliannya.

Kelima menyusun rencana kontinjensi bersama Dinas Kesehatan, TNl/Polri, rumah sakit dan seluruh perangkat daerah terkait; keenam meningkatkan kesiapsiagaan rumah sakit rujukan untuk penanganan infeksi Covid-19, termasuk penambahan jumlah tempat tidur, tenaga medis dan peralatan medis.

Ketujuh melalui tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Dinas Perindustrian dan perdagangan meningkatkan inspeksi dan pemantauan ke pasar dan gudang dalam rangka mencegah potensi penimbunan barang dan harga kebutuhan pokok.

Termasuk peningkatan koordinasi bersama asosiasi pedagang dalam rangka memastikan ketersediaan kebutuhan pokok yang memadai dan harga yang terjangkau.

Kepada masyarakat, Terkelin Brahmana agar tidak mudah percaya informasi dari sumber yang tidak jelas.
“Terkait Virus Corona, kita bijak, cek ke yang lebih tahu supaya jangan timbul kepanikan hingga mengganggu aktivitas kerja kita,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina Meliala mengimbau masyarakat agar berprilaku hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh. Irna menganjurkan kepada warga yang alami demam dengan suhu 38 derajat Celcius, batuk dan sesak napas agar memeriksakan diri.

“Jika mengalami demam (dengan suhu badan) lebih dari 38 derajat Celcius, batuk, sakit tenggorokan , sesak napas, kenakan masker, dan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat yang disediakan pemerintah,” kata Irna.
dr Truli Pardede Sp.P., dari RSUD Kabanjahe menekankan kepada masyarakat pentingnya mencuci tangan dalam mengantisipasi Virus Corona.

“Yang perlu kita ingat untuk pencegahan Virus Corona, cara mencuci tangan dan penggunaan masker yang benar. Pemakaian masker tidak boleh berulang ulang dipakai, minimal satu hari masker 4 jam digunakan, setelah itu harus dibuang dan penggunaan masker hanya bagi orang terindikasi sakit, sedangkan tidak sakit tidak perlu pakai masker,” kata Truli.(Jai)