Ini 5 Objek Wisata Dairi yang Wajib Dikunjungi

JELAJAHNEWS.ID, DAIRI – Sebagai Ibu Kota Kabupaten Dairi, Sidikalang memberikan banyak spot wisata yang wajib dijelajahi saat Anda liburan. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi, Drs. Leonardus Sihotang, pihaknya akan bekerja ekstra untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang datang ke Dairi karena beberapa karyawannya yang libur.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran Polres Dairi untuk membantu pengamanan sehingga wisatawan yang datang dapat aman dan nyaman berkunjung ke Dairi.

“Kami akan bekerja ekstra karena beberapa karyawan ada yang libur. Kami akan koordinasi dengan pihak keamanan untuk membantu menjaga di titik-titik lokasi wisata,” ujarnya.

Leonardus juga menyampaikan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung selama musim liburan ke Dairi pada tahun ini dipastikan akan meningkat dari tahun sebelumnya. Kalau di tahun sebelumnya dapat mencapai sekitar 20 ribuan, tahun ini optimis dapat mencapai di atas sekitar 20 ribuan wisatawan.

Secara umum diakui Leonardus, pihaknya tidak banyak melakukan inovasi di bidang pariwisata untuk menyambut liburan kali ini. Beberapa inovasi justru akan dilakukan pasca musim liburan berakhir terutama di Silalahi yang akan menjadi spot utama perhelatan Festival Danau Toba (FDT) tahun ini.

Penasaran destinasi wisata apa saja yang ada di Kabupaten Dairi? Berikut 5 objek wisata yang wajib kita kunjungi saat liburan ke Kabupaten Dairi.

  1. Taman Wisata Iman (TWI)

Taman Wisata Iman (TWI) merupakan kawasan obyek wisata religi yang terletak di perbukitan Sitinjo, Kecamatan Sitinjo. Di lokasi ini, Anda dapat melihat 5 bangunan ibadah yang berdekatan menjadi simbol toleransi di Dairi yang berdiri kokoh di area 13 hektare.

Selain bangunan ibadah, masih di lokasi TWI, Anda dapat juga  menikmati Air Terjun Sampendabah yang terletak persis di bawah Bukit Golgota. Air Terjun setinggi sekitar 30 meter dengan beberapa tingkat tersebut berasal dari aliran Lae (Sungai) Pandaroh yang mengalir dan membelah kawasan TWI.

Anda tak perlu ragu keamanannya karena menuju lokasi air terjun tersebut sudah ada jembatan setapak lengkap dengan tangga dan pagar pengaman besi. Anda dapat memanfaatkan beberapa spot foto untuk swafoto dengan latar belakang langsung air terjun yang dikelilingi alam yang asri dan udara segar.

Beberapa wahana juga ditawarkan di Taman Firdaus yang masih di lokasi TWI seperti ruang painting tiga dimensi, fasilitas outbond, lorong kaca dan ruang laser di dalam bangunan ular serta penginapan di Bahtera Nuh dan penginapan di lokasi Muslim. Tempat kuliner seperti cafe dan beberapa tempat penjual souvenir pun berjejar di lokasi yang siap Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun teman.

  1. Tao Silalahi

Tao Silalahi terletak di Kecamatan Silahisabungan. Hamparan pantai yang indah terbentang di sepanjang 28 km ini membuat Anda pasti kagum dan takjub. Daerah yang berjarak sekitar 125 km dari pusat kota Medan dikenal dengan danau yang miliki palung terdalam di dunia mencapai 905 meter.

Tao Silalahi juga kaya akan ikan tawar (ikan mas mujahir) yang lezat dan proteinnya menurut masyarakat setempat melebihi ikan sejenis yang berasal dari Vietnam dan Thailand. Bagi Anda yang mau menghabiskan liburan bersama keluarga, di lokasi juga tersedia beberapa penginapan. Di Kecamatan Silalahi ini ada beberapa tempat wisata lain membuat Anda harus memperpanjang masa berlibur yaitu Tugu Makam Raja Silahisabungan (TUMARAS) dan Pantai Paropo.

Sebagai informasi, Tao Silalahi ini akan dibuat menjadi spot utama di acara Festival Danau Toba tahun 2018 dimana Dairi sebagai tuan rumah.

  1. TWA Sicike-Cike

Bagi Anda yang suka wisata alam, ada pilihan di Dairi yaitu Tempat Wisata Alam (TWA) Sicike-cike, TWA Sicike-Cike adalah wisata yang menonjolkan keindahan dan keasrian alam yang berpadu dengan konsep pelastarian alam.

TWA Sicike-cike ini adalah hutan suaka alam, hutan pelestarian alam yang terletak di Desa Bangun, Kecamatan Parbuluan dan merupakan salah satu dari 124 TWA yang ada di Indonesia atau salah satu dari 6 TWA yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Potensi flora dan fauna banyak ditemui di lokasi ini. Mulai dari jenis bunga anggrek sampai jenis satwa dapat dijumpai sehingga tak jarang lokasi ini sering dijadikan sumber penelitian dari dalam maupun luar negeri.

  1. Puncak Sidiangkat

Selain panorama yang indah di pagi dan sore hari serta jauh dari polusi udara, Puncak Sidiangkat atau sering disebut Puncak Nantampuk Mas, belakangan ini mempunyai wisata ala Sarang Burung. Jaraknya sekitar 8 kilometer dari pusat kota Sidikalang terletak di Desa Sidiangkat.

Spot foto menarik menyerupai sarang burung ini tak hanya digandrungi kaum milenial, para orang tua juga banyak yang datang berkunjung sekadar menambah koleksi foto untuk diunggah di media sosial mereka.

  1. Wisata Bukit Naga Letter Z

Lokasinya tepat di pinggir jalan Letter Z, Kilometer 12, Kecamatan Siempat Nempu Hulu. Anda dapat menikmati hamparan tanaman buah naga yang terbentang luas di area sekitar 1.5 hektare. Selain dapat memetik sendiri buah naga, di tempat ini juga tersedia spot foto menarik serta wahana permain anak-anak. (dbc)