Ini 5 Fakta Menarik Bayern Raih Trofi Liga Champions

OLAHRAGAKesuksesan Bayern Munchen meraih gelar juara Liga Champions musim ini diiringi dengan lima fakta menarik, termasuk catatan tim maupun individu.

Kemenangan tipis atas PSG di partai final Liga Champions, mengantarkan Munchen meraih trofi keenam di kompetisi tertinggi antarklub Eropa. Selain fakta mengenai keberhasilan Munchen mengangkat trofi Liga Champions untuk kali keenam, masih ada sederet catatan penting lain yang menyertai capaian positif Manuel Neuer dan kawan-kawan. Berikut 5 fakta unik Bayern Munchen juara Liga Champions:

1. Bayern merupakan kesebelasan pertama yang mampu meraih gelar Liga Champions dengan selalu mengantongi kemenangan. Musim ini Die Roten selalu menang dalam 11 laga di Liga Champions.

2. Bayern menjadi kesebelasan ketiga dalam sejarah Liga Champoins yang mampu mencetak 500 gol. Di atas Bayern, terdapat Barcelona (517 gol), dan Real Madrid (567 gol).

3. Kingsley Coman yang menjadi pencetak gol semata wayang Bayern menjadi pemain kelima asal Perancis yang berhasil membobol gawang lawan di final Liga Champions. Sebelum Coman, terdapat Basile Boli (1993), Marcel Desailly (1994), Zinedine Zidane (2002), dan Karim Benzema (2018).

4. PSG gagal mencetak gol di laga level atas Eropa setelah 35 laga. Kali terakhir PSG gagal mengoyak gawang lawan adalah pada April 2016 ketika kalah 0-1 dari Manchester City.

5. Kegagalan PSG menandai tujuh klub debutan di final Liga Champions mengalami kekalahan. Klub debutan di final Liga Champions yang terakhir berhasil meraih gelar adalah Borussia Dortmund pada 1997. (cni)