Ingin Tampil di Moto GP Republik Ceko, Marquez Berpacu Dengan Waktu

OLAHRAGA Proses pemulihan pasca-operasi terus dilakukan oleh Marc Marquez, dalam usaha agar bisa kembali ke lintasan balap untuk Moto GP Republik Ceko di Brno pada akhir pekan ini.

Rider Repsol Honda yang juga berstatus sebagai juara bertahan Moto GP itu, sudah tanpa poin dari dua seri pertama gelaran kelas primer pada musim ini. Hal itu disebabkan karena cedera yang dialami Marquez pada seri pertama di Moto GP Spanyol.

Saat itu, ia mengalami crash saat balapan di putaran ke-21 ketika sedang tancap gas dari posisi belakang guna menyodok ke barisan depan. Usai insiden tersebut, ia naik meja operasi dan secara mengejutkan hadir di lintasan Jerez untuk seri kedua Moto GP Andalusia. Ia sempat mengikuti sesi latihan dan keluar di awal sesi kualifikasi sampai akhirnya memutuskan tidak ikut balapan.

Kini Marquez sedang berpacu dengan waktu agar bisa siap untuk tampil dalam balapan Moto GP Republik Ceko di Brno, yang menjadi seri ketiga. Rangkaian latihan dimulai hari Jumat (7/8/2020) dengan balapan dihelat hari Minggu (9/8/2020).

Agar tak kembali absen balapan, Marquez pun terus menggeber proses pemulihan pasca-operasi. Sejumlah aktivitas terkait hal itu pun rutin ia bagikan di media sosial Instagram.

Lantas, bagaimana peluangnya tampil dalam balapan Moto GP Ceko akhir pekan ini? Simak penuturan Dr. Xavier Mir, sosok yang rutin mengurusi cederanya rider Moto GP dan juga mengoperasi Marquez.

“Ia belum akan pulih sepenuhnya di Brno, ini lebih kepada tidak ambil risiko secara berlebih,” kata Mir.

“Buat orang pada umumnya, akan butuh sekitar tiga bulan untuk pulih dari cedera seperti itu. Opsi untuk tidak membalap pada pekan sebelumnya juga merupakan keputusan yang tepat,” tuturnya soal Marquez. (dtc)