HKN ke-58, Kadinkes Tapsel Bacakan Pidato Menkes RI

JELAJAHNEWS.ID – “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” sepenggal ungkapan ini menjadi tema penting pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022.

Peringatan HKN ke-58 pun digelar upacara oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Tapanuli Selatan di lapangan sepakbola Sipaitte Hapesong Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Rabu (7/12/2022).

Dalam pidato Menteri Kesehatan (Menkes) RI yang dibacakan PLT Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan, dr Rudi Iskandar Harahap menyampaikan tema yang dipilih menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19 sehingga masyarakat lndonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar lndonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

“Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang,” tulis pidatonya.

Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasiteknologi kesehatan.

Rudi berpesan agar pelayanan kesehatan terus ditingkatkan pada masyarakat seperti Rumah Sakit, Puskesmas dapat memperbaiki dirinya masing-masing dalam cakupan layanannya.

“Untuk itu kami Pemerintah mendorong agar masyarakat dapat terampu dan terlayani dengan sebaik-baiknya sesuai dengan visi misi Bupati Tapsel Dolly Pasaribu ‘Sehat Cerdas dan Sejahtera’, harapnya.

Usai upacara dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Rudi dilanjutkan mengadakan lucky draw dengan berbagai hadiah untuk memeriahkan acara.

Peserta upacara melibatkan Dinas Kesehatan, perwakilan Puskesmas se-Tapsel, RSUD Kabupaten Tapsel, organisasi profesi IIDI, IBI, IAKMI, PPNI dan perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi di Tapanuli Selatan dan Padang Sidempuan.

Turut hadir pula undangan perwakilan PKK Kabupaten Tapsel dan Muspika Kecamatan Batangtoru (Camat, Kapolsek, Danramil dan PT AR. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

87 komentar