Himbau Tunaikan Zakat, Bupati Tapsel : Zakat Ajarkan Umat Untuk Saling Berempati

JELAJAHNEWS.ID,TAPSEL – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt MM, bersyukur atas adanya ajaran agama berupa rukun Islam keempat yakni, zakat. Dimana, agama Islam mengajarkan kepada pengikutnya untuk saling berbagi kepada sesama sesuai yang disyari’atkan.

Menurut Dolly, ajaran Islam itu tidak menyukai bila harta itu mengendap. Namun ajaran Islam itu mengajarkan bahwa harta itu bersifat produktif, mengalir dari satu pihak ke pihak lain yang membutuhkan.

“Ke depan, kami menghimbau ASN maupun PNS yang beragama Islam di lingkungan Pemkab Tapsel, agar penghasilan mereka diatur sedemikian rupa agar bisa berbagi melalui unit-unit pengumpul zakat dalam hal ini Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tapsel,” kata Dolly disela acara penyaluran Baznas kepada Mustahiq (penerima zakat), di Masjid Al Ittihad, Desa Bandar Hapinis, Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapsel, Selasa (11/5/2021).

Dolly berpesan agar di dalam diri setiap Mustahiq (penerima zakat) ditanamkan tekad agar suatu saat keadaan dirinya bisa lebih baik sehingga kelak bisa menjadi pemberi zakat (Muzakki). Dengan usaha maupun upaya sekuat tenaga dalam memperbaiki hidup, suatu saat Mustahiq akan naik derajatnya menjadi Muzakki demi kemakmuran kemaslahatan umat Islam, terlebih bagi masyarakat Tapsel.

Pada kesempatan itu, Dolly mengaku, saat saya hendak berwudhu di Masjid Al Ittihad itu agak sedikit kesulitan. Kemungkinan, ujar Dolly, keadaan itu juga dirasakan oleh sebagian jamaah yang sehari-hari salat di masjid tersebut. Kemudian, kamar mandi di masjid itu juga perlu diperbaiki serta dibersihkan.

“Saya melihat bak di kamar mandi masjid itu kosong. Tentulah akan kesulitan untuk istinja’ (bersuci sebelum salat). Untuk itu, saya minta atau saya mengimbau jamaah yang sering salat fardhu wajib di Masjid Al Ittihad kita ini, mulailah sering-sering bergotong royong,” ajak Dolly.

Jika masjid bersih, lanjut Dolly, tentu jadi cermin bahwa, jamaah memuliakan rumah Allah. Termasuk di balik mimbar (podium) masjid, Dolly melihat ada buku-buku yang agak berserak kondisinya. Jika memang buku itu sudah tidak bisa dipakai lagi, maka menurutnya sudah layak dibersihkan supaya terlihat lebih elok.

Dolly menghimbau pula agar kegiatan ini juga diadakan di masjid-masjid lainnya yang ada diseluruh Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sebelumnya, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Tapsel, Drs H Ihwan Nasution mengatakan, adapun sumber zakat yang diserahkan itu berasal dari zakat profesi para ASN se-Kabupaten Tapsel beragama Islam yang dikumpulkan Baznas. Setelah dikumpulkan oleh Baznas, maka zakat tersebut diserahkan ke Mustahiq pada hari-hari besar agama Islam.

“Baik itu di bulan Ramadan, Muharram, Maulid, maupun Isra’ Mi’raj,” katanya.

Untuk itu, dia mengajak kepada seluruh Mustahiq untuk mendoakan ASN se-Kabupaten Tapsel yang sudah membayar zakat agar diberi kesehatan. Sebab, hampir setengah dari ASN se-Kabupaten Tapsel membayar zakat profesinya. Dan semoga, zakat yang telah dibayar itu, dapat memberi manfaat bagi seluruh Mustahiq.

Untuk diketahui, adapun bantuan dari Baznas Provinsi Sumut yakni, sebesar Rp400 ribu dan diserahkan kepada 13 orang Mustahiq. Sedangkan bantuan dari Baznas Tapsel yakni sebesar Rp300 ribu dan diserahkan kepada 20 orang Mustahiq.(Irul Daulay)