Hebel Cor Produk Kreatifitas Lapas Salambue

JELAJAHNEWS.ID, P.SIDIMPUAN – Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Salambue, Kota Padangsidimpuan menciptakan Hebel Cor produk kreatifitas bagi warga binaan.

Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Salambue, Indra Kesuma, SH, MH, Sabtu ( 6/2/2021).

Terhitung Kalapas yang baru menjabat beberapa hari, mendukung kreatifitas Warga Binaan dengan memberikan sentuhan pembangunan lapas dan berbagi ilmu ketrampilan.

Kalapas mengatakan kegiatan kerja yang kreatif diharapkan menjadi bekal kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Hebel Cor produk kreatifitas Lapas Salambue

Kegiatan pembinaan, Tambah Kalapas, seperti membangun pos Wasrik (Pengawasan dan Pemeriksaan) Lapas Padangsidimpuan, yang material dindingnya terbuat dari Pas Hebel Cor (PHC) yang langsung dikerjakan oleh WBP dengan bimbingan pengawasan sipir dan pelatihan dari UD. Yahyah Kreatif.

Adapun program pembinaan kemandirian yang ada di Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan berupa Pas Hebel Cor (PHC) sebagai kerjasama Lapas dengan UD Yahya Kreatif, MOU pada tanggal 05 Januari 2021, yang sebelumnya diresmikan oleh Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut tanggal 11 Januari 2021.

“WBP kami arahkan, serta salurkan bakat dan minat mereka untuk dikembangkan agar kelak saat bebas punya bekal berwirausaha,” tutur Indra kesuma selaku Kepala Lapas saat mengontrol pembenahan lingkungan lapas Salambue.

Selain membekali keterampilan kerajinan tangan, Kalapas Salambue juga memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan tempat parkir pengunjung.

Saat ini, ada beberapa terobosan beliau dalam mempersiapkan masa depan WBP setelah bebas nantinya. Misalnya, pembuatan Hebel Cor Multi Guna.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memberikan Edukasi agar WBP bisa membuka usaha sendiri dan produktif untuk menambah penghasilan dan peningkatan ekonomi keluarganya setelah bebas.

“Kami harus bisa menjadi Lapas produktif sebagai bentuk kinerja nyata pembinaan kemandirian berupa hasil produksi keterampilan WBP, baik kerajinan tangan,” tuturnya.

WBP pun sangat antusias mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian yang dilaksanakan oleh Lapas Salambue, karena menambah pengetahuan dan keterampilan untuk menghilangkan kejenuhan dalam menjalani binaa, serta menumbuhkan semangat hidup bagi WBP.

“Kami sangat senang bisa tahu cara membuat Hebel Cor Multi Guna. Kami juga tidak jenuh lagi di kamar karena ada kesibukan membuat Hebel Cor. Kami tambah semangat menunggu esok untuk melihat hasil cetak Hebel Cor yang kita buat,” ucap salah satu WBP sambil tersenyum.

Seperti diketahui, Hebel Cor ini merupakan dikelola UD.Yahya Kreatif. Selain hal yang baru khususnya dibidang konstruksi bangunan, namun mutu dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi, karena telah lulus uji lab di Politeknik Negeri Medan dan Balai PU Jakarta.

“Dalam hal ini, tentunya kedepan WBP bisa menjadi wira usaha setelah menjalani masa binaannya,” ujar Kalapas. (Irul Daulay)