oleh

Hadiri Musda KNPI Tapsel ke-XIV, Sekda Minta Pemuda Jadi Agen Perubahan

TAPSEL – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu SPt MM yang diwakili Sekda Parulian Nasution mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) ke-XIV Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Istana Hasadaon, Desa Sorik, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, Jumat (2/7/2021).

“Pemuda harus jadi agent of change yaitu agen perubahan yang aktif, kreatif, inovatif dan konstruktif. Pemuda sebagai agent of development yaitu pemuda pelopor pembangunan. Yang menurut hemat kami dapat diarahkan pada pengembangan kewirausahaan pemuda di berbagai lini kehidupan,” terang Sekda.

Sekda berharap, dengan adanya Musda itu, kiranya dapat melahirkan program-program prioritas pembinaan kepemudaan dan juga menetapkan kepengurusan referesentatif guna mewakili pemuda Tapsel yang visioner dalam memandang fungsi dan peranan pemuda dalam menatap masa depan yang dapat merencanakannya dengan modal kemauan, kecerdasan, dan kemampuan.

“Pemuda juga harus jadi agent modernis yaitu pemuda yang bisa membaca tanda tanda perkembangan zaman sesuai dengan tuntutan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di era millenial,” imbuhnya.

Menurut Sekda, pemuda itu harus memiliki jiwa nasionalisme yang kuat, semangat patriotisme, dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa maupun negara serta mampu menggalang persatuan dan kesatuan. Hal itu, kata Sekda, sudah terbukti ketika pemuda mendeklarasikan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang mampu mempersatukan pemuda dari Sabang sampai Merauke dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

“KNPI sebagai wadah berhimpun OKP dan OKI perlu membangun militansi kepemudaan dengan semangat kerja keras penuh kebersamaan dan usaha-usaha produktif,” tegasnya.

KNPI harus menjadi garda terdepan dalam memberantas kenakalan remaja maupun narkoba sampai ke akar-akarnya sehingga tidak terjadi lost generation. Partisipasi pemuda dalam pembangunan daerah sebuah keniscayaan yang harus diprogramkan. Kompetensi sosial dan spritual pun harus menjadi prioritas demi penguatan moralitas pemuda ke depan.

Karena KNPI sebagai induk organisasi kepemudaan di Kabupaten Tapsel yang dapat melahirkan program yang lebih nyata dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Kita yakin KNPI Sumatera Utara dibawah kepemimpinan El Adriansyah, SE, akan mampu mengibarkan bendera perjuangan dan pengabdian yang produktif.

“Selamat bermusda, semoga yang terpilih bisa membawa pemuda semakin maju, termasuk menjadi mitra dan bagian dari pemerintah,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Kabupaten Tapsel Hajrul Aswat Siregar mengatakan, bahwasanya Musda pada hari ini dihadiri, 32 OKP/OKI perwakilan organisasi dan 13 Dewan Pimpinan Kecamatan. Adapun visi yang akan dilakukan pihaknya di periode 2021-2024 adalah optimalisasi peran pemuda guna tingkatkan perekonomian serta fungsi dan peran untuk menjadikan Tapsel yang tangguh serta berdaya saing.

Sedangkan untuk misi, sambung Hajrul, yakni mengoptimalisasi komunikasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan peluang usaha yang berguna di masyarakat. Selanjutnya, meningkatkan kemampuan pemuda dalam pengelolaan sumber daya alam yang ada untuk memberikan nilai ekonomis yang tinggi.

“Selain itu, melakukan pelatihan yang berkesinambungan guna membentuk karakter yang tangguh dan memiliki mental yang teruji. Memperbaiki sikap pola tindak dan pola pikir sebagai dasar untuk memberikan kedewasaan, kebijksanaan dalam menghadapi setiap masalah,” tutup Hajrul.

Diakhir Musda, secara aklamasi Hajrul Aswat Siregar kembali terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kabupaten Tapsel Periode 2021 – 2024 sesuai SK Musda XIV DPD KNPI No 8/musda-XIV/knpi-tapsel/VII/2021. (Irul Daulay)

Berita Terkait