oleh

Gubsu Tinjau Masyarakat Sergai Terdampak Bencana Banjir

JELAJAHNEWS.ID, SERGAI – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja sekaligus tinjau banjir dan penyerahan bantuan sembako, bertempat di Jl. Kancil Desa Sei Rampah dan Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu (02/12/2020).

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati menyampaikan beberapa poin penting terkait penanganan bencana di Kabupaten Sergai. Dirinya menyebut, bencana alam banjir dan puting beliung yang terjadi pada tanggal 28 November lalu berdampak kepada ribuan Kepala Keluarga (KK) dan ratusan hektare sawah.

“Pasca terjadinya bencana alam banjir, menurut data dari BPBD Kabupaten Sergai pada hari sabtu 28 November 2020, terdapat beberapa wilayah yang terdampak banjir dengan rincian: Kecamatan Sei Rampah terdapat 3.212 KK dan 157,9 HA sawah, Tebing Tinggi 721 KK dan 158 HA sawah, Dolok Merawan 39 KK dan 80 HA sawah, Bandar Khalipah 160 KK dan 45 HA sawah, Tanjung Beringin 169 KK dan 1.381 HA sawah, Tebing Syahbandar 30 KK dan 55 HA sawah, Sei Bamban 250 KK dan 350 HA sawah, Sipispis 125 KK dan 40 HA sawah dan Kecamatan Dolok Masihul 225 KK dan 107 HA sawah,” beber Irman, sambil menambahkan jika untuk korban bencana angin puting beliung yang juga terjadi pada hari yang sama, terdapat 114 rumah warga di Desa Sei Bamban, kilang padi serta kantor Desa Gempolan yang ada di Kecamatan Sei Bamban mengalami rusak akibat diterjang oleh angin puting beliung.

Namun, sebut Irman, Pemkab Sergai langsung merespon cepat dengan melakukan beberapa langkah/upaya dalam penanganan banjir seperti meninjau dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana. Selain itu, sebutnya, Pemkab Sergai mengerahkan dinas terkait untuk melakukan penanganan seperti Dinas Sosial yang menyediakan 1 mobil tangki air, 1 truk evakuasi, tenda keluarga dan menurunkan relawan tagana sebanyak 20 orang, BPBD dengan menyalurkan bantuan berupa sembako, menyediakan perahu karet dan menurunkan satgas bencana. Untuk Dinas PUPR melakukan aksi perbaikan tanggul/jembatan di beberapa desa seperti di Meriah Padang, Bahsumbu, Sibarau, Simalas, Sei Putih dan Sei Belutu. Begitu pun dengan Dinas Kesehatan yang sudah membuat posko kesehatan serta melakukan koordinasi dengan Camat dan Kades di wilayah terdampak banjir.

Selain itu, Irman pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubsu atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang dapat disalurkan untuk meringankan beban masyarakat. “Pada hari ini kita juga menerima bantuan sebanyak 5.000 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di 9 kecamatan,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama Gubsu H. Edy Rahmayadi menyampaikan kalau kedatangannya hari ini bersama Pangdam I/BB, diawali dengan meninjau dapur umum dan lokasi banjir di Gang Kancil Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada 9 Kecamatan se-Sergai yang terdampak bencana alam bertempat di Halaman Masjid Agung, Sergai.

Dirinya menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa terhadap masyarakat Sergai yang menjadi korban dalam bencana alam ini.

Namun Edy tetap memberikan semangat dan motivasi agar masyarakat terdampak dapat segera bangkit dari keterpurukan.

“Kita semua harus selalu bersyukur dengan keadaan kita. Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari segala mara bahaya. Kita juga jangan hanya melihat sisi buruk dari bencana ini saja, namun juga hal-hal apa yang mesti kita perbaiki lagi untuk kedepannya,” kata Edy.

Pun dalam kesempatan ini, Gubsu menyampaikan pentingnya netralitas ASN dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember nanti. “Kepada seluruh masyarakat silakan memilih sesuai keinginan hati untuk pembangunan Sergai lebih baik kedepannya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Para Kepala Dinas Provinsi, Sekdakab Sergai Drs. H. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Para Kepala OPD Sergai serta para Camat dan undangan lainnya.(Jai)

Berita Terkait