oleh

Gini Trik Batasi Porsi Makan Saat Diet Agar Tetap Kenyang

JELAJAHNEWS.ID, Jakarta – Jika ingin diet yang kita lakukan berhasil, tentu dengan membatasi porsi makan bisa dilakukan. Namun, ada beberapa trik yang mungkin bisa kita praktekkan agar tetap kenyang meski makan seperti biasa.

Tubuh yang langsing kerap diidamkan oleh banyak kaum wanita demi menjaga penampilan yang lebih menarik. Oleh karenanya, banyak wanita rela berdidet dengan mengubah pola makan hingga membatasi jumlah porsi makannya.

Akan tetapi, kerap kali diet yang dilakukan membuat kita masih merasa lapar karena porsi makan yang sedikit. Untuk itu, ada beberapa trik yang dapat kita lakukan agar tetap kenyang walaupun sudah membatasi makanan yang masuk.

1. Konsumsi Makanan Pedas

Walaupun berdiet tak ada salahnya menyantap makanan pedas. Mengkonsumsi makanan pedas bisa jadi trik yang baik saat Anda ingin membatasi porsi makan.

Dalam sebuah penelitian terungkap kalau mengonsumsi cabai dapat mengatur nafsu makan dan membakar kalori setelahnya. KIta bisa mencampurkan sedikit cabai pada sayuran yang dikonsumsi, atau tambahkan cabai bubuk agar rasanya lebih pedas.

2. Minum dengan Gelas Tinggi

Mengkonsumsi minuman dengan kandungan gula berlebih sangat tidak disarankan saat berdiet. Ini dikarenakan gula dapat menambah jumlah kalori yang masuk ke tubuh dan membuat berat badan jadi naik.

Jika ingin tetap meminum minuman yang manis, kita bisa mengakalinya dengan menggunakan gelas yang berukuran lebih tinggi. Dalam sebuah penelitian dijelaskan, kalau gelas tinggi membuat minuman terlihat lebih banyak, apalagi jika ditambahkan dengan es batu.

3. Menggunakan Piring Berwarna Mencolok

Kalau kita biasa menyantap makanan dengan piring berwarna putih, sebaiknya coba ubah kebiasaan ini. Sebab, piring berwarna putih akan membuat kita makan lebih banyak.

Dari sebuah penelitian menjelaskan, kalau makanan yang diletakkan pada piring dengan warna mencolok dapat membuat kita lebih sedikit mengkonsumsinya. Penelitian lain juga menemukan, kalau seseorang makan dengan piring merah, maka orang tersebut akan makan dengan porsi yang lebih sedikit.

4. Memakai Piring yang Lebih Kecil

Saat membatasi porsi makan, ada baiknnya kalau memakai piring yang lebih kecil. Karena, jika kita menggunakan piring yang lebih besar, tanpa menyadarinya porsi makan juga jadi lebih banyak.

Dalam sebuah penelitian, seorang ahli nutrisi menyarankan untuk memakai piring kecil saja agar porsi makan jadi lebih sedikit. Walaupun begitu, kita akan tetap merasa kenyang saat diet.

5. Mengganti Pilihan Dessert

Dessert kerap dikonsumsi setelah menyantap beragam makanan. Biasanya dessert yang kita santap seperti kue, cokelat, ataupun es krim. Tapi hal ini harus dihindari jika kita memutuskan untuk berdiet.

Untuk mengganti dessert tersebut, kita pun bisa mengkonsumsi satu cangkir teh setelah makan. Rasa dari teh tetap nikmat, dan tentunya jauh lebih sehat.

6. Mengawali Makan dengan Minum Segelas Air

Untuk membatasi porsi makan saat berdiet juga bisa dengan mengkonsumsi segelas air terlebih dahulu sebelum makan. Air minum dapat membuat perut kita terisi dan kenyang, sehingga mencegah makan berlebih.

Apalagi air putih memang harus dikonsumsi sebanyak 2 liter perhari, kita juga tak perlu mengkhawatirkan asupan kalorinya. Selain air putih, mengkonsumsi segelas teh sebelum makan juga bisa dilakukan.

7. Konsumsi Sayur Lebih Banyak

Satu lagi trik dalam membatasi porsi makan tapi dengan kondisi perut tetap kenyang, yaitu mengkonsumsi sayuran lebih banyak. Jika kita terbiasa mengonsumsi daging-dagingan, maka kita bisa menggantinya dengan sayuran seperti jamur.

Kalau suka mengonsumsi oatmeal, kita juga bisa menambahkan potongan buah seperti apel agar rasa kenyang bisa lebih tahan lama. Jika mengkonsumsi roti, kita juga bisa menambahkannya dengan aneka sayuran. (dtc)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •