oleh

Gempa Bumi M 4,5 Kembali Guncang Tapanuli Utara, Warga Panik

JELAJAHNEWS.ID – Dilaporkan hari ini kembali terjadi gempa mengguncang Tapanuli Utara dengan kekuatan yang cukup besar di titik lokasi yang berbeda dengan gempa sebelumnya.

Gempa berkekuatan Magnitudo 4,5 kembali terjadi di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Kamis (6/10/2022) sekitar pukul 15.30 WIB.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara berpusat di darat tepatnya 9 KM Barat Laut Tapanuli Utara.

Lokasi gempa itu berada di titik koordinat 2.09 Lintang Utara (LU) dan 98.92 Bujur Timur (BT).

BMKG mengatakan gempa berada di kedalaman 2 kilometer. Gempa dirasakan skala (MMI) IV Tarutung, III Sibolga, III Silangit, III Sipahutar, II Humbang Hasundutan, dan II Toba.

Skala MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala MMI III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Skala MMI IV artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

BMKG menyampaikan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar Sumatera pada segmen renun.

Laporan warga menjelaskan bahwa warga setempat berhamburan keluar rumah. Begitu juga dengan beberapa kantor pemerintahan yang terganggu akibat guncangan itu. (JN-BMKG)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *