oleh

Forkopimda Gelar Kesiapsiagaan Pilkada Serentak Tahun 2020

JELAJAHNEWS.ID,P.SIDIMPUAN – Walikota Irsan Efendi Nasution didampingi Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Juliani Prihartini,dan Dandim 0212/TS, Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.IP, memimpin apel dalam rangka Kesiapsiagaan Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2020 Dalam Bencana alam dan bencana Non Alam Covid-19,di Halaman Bolak kota Padangsidimpuan, Senin (9/11/2020).

Apel kesiapsiagaan bencana diikuti jajaran TNI, Polri, BPD, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan relawan kebencanaan, apel kesiapsiagaan bencana ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam di kota Padangsidimpuan, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung juga non alam covid-19.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH selaku pimpinan apel mengatakan, bahwa Apel gelar kesiapsiagaan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Pengamanan, Soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan di wilayah.

“Ini merupakan bentuk dari kesiapsiagaan dari Pemerintah bersama-sama dengan TNI-Polri dan elemen masyarakat dalam menghadapi Pilkada serentak Tahun 2020,”ucapnya.

“Selama beberapa Tahun terakhir Kota Padangsidimpuan dikatakan telah terjadi sejumlah bencana, diantaranya Banjir dan tanah longsor serta bencana non alam Covid-19, oleh karenanya kita harus siap menghadapi itu semua,” ungkap Walikota.

Di tempat yang sama Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing S.I.P. saat di temui awak media mengatakan, Penanganan bencana yang selalu dinamis dan berdinamika, membutuhkan kerja sama yang luas dan bersinergi antara seluruh unsur baik TNI, Polri, Basarnas, BPBD Kab/Kota, Instansi terkait, masyarakat dan unsur pendukung lainnya, semua itu dilakukan dalam rangka Mitigasi risiko dan minimalisasi korban jiwa dan harta, lanjutnya.

“Menyikapi hal tersebut dibutuhkan sebuah proses internalisasi antara pengetahuan dan pengalaman sehingga diharapkan timbul kesadaran tidak hanya pada sikap tetapi juga pemikiran dan perilaku, Apel kesiapsiagaan ini menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh menghadapi potensi bencana,”tegas Dandim

Sementara Kapolres mengatakan ” Lakukan pemetaan lokasi bencana, sehigga akan memudahkan satgas mengantisipasi bencana. Latih kemampuan personil tim bencana untuk bencana bencana bencana dan latih aplikasi,” jelasnya.

Persiapan peralatan semaksimal mungkin Kata Kapolres untuk kesiapsiagaan bila ada kejadian tanggap bencana siap untuk operasionalkan.

Persiapan posko bencana di daerah yang menjadi bencana sehingga memudahkan untuk mobilisasi. Adakan patroli gabungan di wilayah bencana bencana secara sinergis dan analisis situasi.

“Jalin sinegritas dan kebersamaan laksanakan tugas ini dengan penuh ikhlas, jaga kesehatan dan selalu berdo’a agar tidak terjadi bencana di wilayah kita,”tegas Kapolres perempuan pertama di kota salak ini.

Kapolres berharap kesadaran masyarakat juga terus ditingkatkan, bahwa bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tidak ada tawar-menawar bencana akan datang.

Setelah selesai Apel, Pimpinan Apel bersama dengan Unsur Muspida, Para Kepala OPD melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana antisipasi bencana alam di Halaman apel.

Usai Apel bersama dengan Unsur Muspida, kadis BPBD kota Padangsidimpuan Arfan Siregar mengatakan, “Tujuan apel siaga ini untuk meningkatkan koordinasi para stakeholder penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana alam di musim penghujan ini, Selain itu, pos siaga bencana sudah ada di buat di titik rawan bencana dalam menghadapi puncak musim hujan, katanya.

Dalam kesiapsiagaan bencana, kita mepersiapkan Mobil Rescue Double Cabin, Mobil dapur umum
mobil Ford Rescue pickup, mobil Ford Ranger Double Cabin, mobil evakuasi mobil pick Up motor Trail Rescue, perahu karet, Lampu Senter HID Search Light,Lampu Senter, Genset 5 KVA,Water Treatment Portable,Matras,Tandu Evakuasi,HELM Rescue,Jaket Pelampung dan alat-alat lainnya, jelasnya.

Ia berharap, dengan kegiatan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana ini dapat menyadarkan semua komponen masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan dan tetap penanganan terapkan protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19. tutur kadis BPBD.

Turut hadir, Kejari Padangsidimpuan/mewakili, Personil TNI dan Polri,dan dari Instansi Pemko Padangsidimpuan/mewakili, (Irul Daulay)

News Feed