Fokus Lakukan Sistem SIPD Secara Online, Kemendagri Apresiasi Pemkab Karo

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Muhammad Adrian MSi mengapresiasi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH yang tetap fokus mendorong Kabupaten Karo berbasis SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) secara online, sehingga menggerahkan para koruptor.

“Kebijakan SIPD saya puji dan apresiasi. Ini akan menjadi referensi bagi regional Sumut khususnya, guna mengurangi angka korupsi,” ungkap Muhammad Adrian. Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH dan Wakil Bupati Karo Cory Stiwaty Sebayang, di ruang kerjanya, Jumat (26/3/2021) Jakarta pusat.

Menurutnya, langkah Bupati Karo ini menjadi suatu legasi di kemudian hari. Sehingga ke depan, kebijakan SIPD akan menekan dan mengurangi angka korupsi di lingkup Pemkab Karo.

Kata Adrian lagi, bahwa koruptor tentu tidak menyukai hal itu dan akan merasa gerah. “Semakin sulit mencuri uang rakyat. Sebab dengan SIPD, publik akan gampang memantau dan mengevaluasi,” katanya.

Apalagi, tambahnya, audit menjadi keuntungan daerah dalam memberlakukan SIPD. Dan saat APBD dapat pengesahan DPRD Karo, saat itu juga langsung tayang di publik terkait kegunaan anggaran belanja di Kabupaten Karo.

Selain itu, katanya, manfaat SIPD akan menjaga birokrat menjadi lebih tertib, lancar, dan akuntabilitas. Sekaligus mempraktekkan penggunaan SIPD lewat virtual. Serta memandu dan mengajari tim teknis dari BPKPAD Karo tentang tata cara pengoperasian pengiriman gaji ASN lingkup Pemkab Karo.

“Harapan saya, kerjasama SIPD ini ke depan hendaknya Ibu Cory Sriwaty Sebayang (sebagai bupati terpilih) akan melanjutkan yang telah dilakukan Bupati Karo saat ini. Minimal seluruh gaji ASN di Pemkab Karo telah ter-update di SIPD,” jelasnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri meluangkan waktu dan pikiran sejak awal memberikan motivasi, edukasi dan saran masukan terkait SIPD. Sehingga Pemkab Karo pun tertarik.

“Ketertarikan berbasis online SIPD ini, karena kami ingin sistem informasi yang dapat berjalan secara online. Memudahkan penggunanya untuk mengakses data di mana saja dan kapan saja,” ujarnya. Sementara Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang berjanji akan mendukung kerjasama SIPD tersebut, sebagai estafet kepimpinannya.

Sedangkan Direktur Pemasaran PT Bank Sumut Hadi Sucipto menyatakan, pihaknya dalam kerjasama SIPD bersama Pemkab Karo, sangat siap dalam sharing pengalaman bagi kabupaten lainnya.
Apalagi SIPD ini, katanya, baru Pemkab Karo pertama terjadi di wilayah Sumut. Jadi patut dapat dukungan penuh sebagai bank pemerintah daerah.

Sekdakab Karo Drs Kamperas Terkelin Purba melalui Kepala BPKPAD Andreasta Tarigan menjelaskan, ke depan SIPD akan jalani uji coba pada Bulan April 2021. Khusus di Dinas SKPD BPKPAD saja. (Jai)