Fokus Kebersihan Kota Medan, Bobby Nasution: Camat Harus Punya Target Kerja Jelas

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Wali Kota Medan, Bobby Nasution,menggelar Penandatanganan Perjanjian Kinerja Camat se-Kota Medan, di Ruang Rapat I, Kantor Wali Kota, Rabu (14/4/2021).Diharapkan para camat sebagai ujung tombak Pemko Medan dapat meningkatkan kinerja secara tertata, memiliki target jelas dan dapat dirasakan masyarakat hasilnya.

Wali Kota mengatakan masyarakat harus tahu dan merasakan hasil kerja kecamatan. Hal ini, menurut Wali Kota, dapat melahirkan dukungan masyarakat.

“Salah satu yang menjadi fokus kita adalah kebersihan. Setiap camat harus punya data dan target yang jelas berapa kilometer per hari saluran drainase yang bisa kita bersihkan? Jadi kelihatan progresnya per hari,” ujar Bobby.

Selain itu, Bobby juga mengingatkan agar camat tidak perlu ragu untuk berkoordinasi dengan OPD terkait untuk lebih memaksimalkan hasil pekerjaan, serta setiap kecamatan dapat memberikan kontribusi yang baik dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

“Mari kita gotong royong tingkatkan PAD. Camat bisa menugaskan kepala lingkungan untuk mendata bangunan atau rumah yang tidak sesuai dengan izinnya,” ujar Wali Kota seraya mengatakan, akan dibuat aturan tentang insentif para kepling untuk kerja pendataan ini.

Sementara itu, Camat Medan Baru, Ilyan Chandra Simbolon, menyampaikan keluhan masyarakat terkait rumitnya mengurus Izin Mendirikan Bangunan (SIMB). Ilyan berharap ada solusi agar pengurusan SIMB tidak susah dan bertele-tele.

Menanggapi ini, Wali Kota mengatakan untuk pengurusan IMB akan sepenuhnya ditangani oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Hal ini diharapkan dalam memangkas birokrasi sekaligus memberikan pelayanan maksimal pada warga yang ingin mengurus IMB.

Wali Kota menambahkan, camat bisa juga membantu mensosialisasikan dan membantu warga secara langsung untuk mengurus perizinan ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Selanjutnya, Pemko diharapkan mengusulkan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional agar memperbaiki saluran pembuangan air agar tidak menimbulkan masalah banjir di beberapa lokasi, antara lain di Jalan Ngumbang Surbakti Medan Selayang, Simpang Tritura – Flyover Sisingamangaraja, juga Jalan Yos Sudarso, Medan Deli.
“Semua permohonan para Camat ini dalam waktu dekat akan saya langsung sampaikan kepada pihak terkait.(Jai)