Fakultas Syariah IAIDU Asahan Safari Ramadhan di Labuhan Batu

JELAJAHNEWS.ID, LABUHAN BATU– Fakultas Syariah Institut Agama Islam Daar Uluum Asahan (IAIDU) Kisaran menggelar Safari Ramadhan, dengan mengunjungi 3 Masjid di Kecamatan Bilah Hilir Labuhan Batu, Sabtu (1/5/2021). Kegiatan ini merupakan komitmen kampus, untuk mengimplementasi perguruan tinggi kepada masyarakat.

Selain Safari Ramadhan, kegiatan ini bertujuan ajang silatuhrahmi dengan masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Bilah Hilir.

Adapun 3 Masjid yang dikunjungi di antaranya, Mesjid Islahiyyah Desa Negeri lama, Mesjid Jami’ dan Mesjid Istiqomah Desa Sei Mambang.

Tim rombongan Safari ramadhan terdiri dari unsur Dosen, Staf dan Karyawan Fakultas Syariah di antaranya Dekan Syariah,Buya Taufik, S.Ag, MA, Wakil Dekan Syariah, Buya Syahrul Nasution, SHI, MA, Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Buya Muhammad Abduh Isma,Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam, Ummi Siti Ameliyah Sinaga, S.Ag, MA, Dosen Fakultas Syariah, Buya H. Syawaluddin Damanik, MA, dan Buya Yanuardin, SE, MEI, dan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Syariah, Opi Wanda Sari.

Kehadiran rombongan Safari Ramadhan disambut oleh pengurus BKM, dan jama’ah masjid Istiqomah, Mesjid Jami’ dan Mesjid Islahiyyah.

Selain menjadi Bilal dan Imam, tim rombongan juga memberikan ceramah kepada jamaah warga Desa Kecamatan Bilah Hilir.

Usai sholat Isa berjama’ah oleh pengurus BKM Mesjid tersebut, Ketua BKM Mesjid mengucapkan selamat datang kepada rombongan, dan mengucapkan terima kasih kepada tim Safari Ramadhan Fakultas Syariah IAIDU Asahan.

Tak lupa, Dosen Fakultas Syariah, Buya Yanuardin, SE, MEI mengucapkan terima kasih BKM Mesjid karena telah menyambut kedatangan rombongan tim Safari Ramadhan Fakultas Syariah IAIDU Asahan.

“Kegiatan Safari Ramadhan digelar untuk menjalin tali silatuhrahmi khususnya kepada masyarakat Desa Kecamatan Bilah Hilir,” ujar Buya Yanuardin.

Sementara itu, di salah satu masjid yakni, Masjid Islahiyah, Dekan Syariah,Buya Taufik, S.Ag, MA, mengisi Safari Ramadahan dengan memberikan ceramah tentang mensyukuri nikmat Allah dan juga membahas tentang seputar puasa di bulan suci ramadhan.

Lain halnya dengan Dosen Fakultas Syariah, Buya H. Syawaluddin Damanik ketika berada di Masjid Istiqomah, isi ceramah beliau memaparkan tentang perintah Allah dalam menjalani bulan suci Ramadhan bagi kaum muslimin dan mukminin.

Dalam ceramahnya, Buya H. Syawaluddin Damanik memaparkan kedudukan bulan suci ramadhan yang merupakan bulan maghfiroh sekaligus bulan peringatan bagi ummat Islam.

Selanjutnya, di Masjid Jami’, Wakil Dekan Syariah, Buya Syahrul Nasution, SHI, MA, mengisi ceramah dengan materi pentingnya berdoa kepada Allah dalam setiap usaha dan ikhtiar yang dilakukan oleh manusia.

Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Syariah, Opi Wanda Sari mengatakan,bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan, dan dimuliakan oleh Allah SWT.
Opi Wanda Sari menyebutkan Safari Ramadhan di 3 Masjid yang berbeda lokasi berjalan sukses.

“Alhamdulillah, acara Safari Ramadhan berjalan dengan lancar dan dihadiri banyak jama’ah,” ucap Opi Wanda Sari mengakhirinya.

Di penutup kegiatan, tim Safari Ramadahan menyerahkan bantuan berupa Beras 10 karung kepada pengurus BKM Mesjid. (AM)