Entas Kemiskinan, Klaim Jamsostek Sidempuan Capai Rp68 Miliar

JELAJAHNEWS.ID – Ada dua bagian strategi pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Pertama, melindungi keluarga dan kelompok masyarakat yang mengalami kemiskinan.

Kedua, membantu masyarakat yang mengalami kemiskinan kronis dengan memberdayakan serta mencegah terjadinya kemiskinan baru.

“Strategi itu dapat di bagi dalam tiga program yang langsung diarahkan pada penduduk miskin,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Sidempuan, Sanco Simanullang, Jumat (9/9/2022).

Adapun ketiga program itu, adalah penyediaan kebutuhan pokok, pengembangan sistem jaminan sosial, dan pengembangan budaya usaha.

BPJS Ketenagakerjaan hadir lewat jaminan sosial, dan wujud nyatanya adalah seperti penyerahan santunan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan pada peringatan Hari Pelanggan Nasional di Kantor Walikota Padang Sidempuan, Senin (5/9/2022).

Pada pertemuan tersebut, sebut Sanco, diserahkan simbolis total klaim sebesar Rp 68,2 milliar. “Itu terhitung dari Januari hingga bulan Agustus 2022, dan khusus di wilayah Kota Padang Sidempuan saja,” ujar Sanco.

Disebutkan, klaim tersebut terbesar ada pada Program Jaminan Hari Tua sebesar Rp 61,7 milliar. Sedangkan program Jaminan Kematian sebesar Rp 3,8 millar dan program Jaminan Kecelakaan Kerja Rp 1,9 milliar .

Sisanya  Program Jaminan Pensiun sebesar Rp 760,4 juta.  Lantas terdapat pula manfaat beasiswa yang sudah dibayarkan sekitar Rp 1,08 milyar.

Serahkan Jaminan Kematian

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution menyerahkan santunan kematian kepada 2 (dua) orang ahli waris pekerja meninggal dunia.

Lahuddin Harahap, ahli waris dari Sri Hartati Lubis, sorang pekerja di Anugerah Multi Jaya Padang Sidempuan menerima manfaat Klaim Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun serta manfaat Beasiswa sebesar Rp 140.550.370.

Ismawati Sakdiah, ahli waris dari Sati Batubara, pekerja di Tapanuli Karya Sejahtera menerima manfaat klaim Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan manfaat beasiswa sebesar Rp 200.577.620.

“Insya Allah, program BPJS Ketenagakerjaan diharapkan menjadi jawaban bagi seluruh resiko yang dialami termasuk kematian bagi peserta,” kata Irsan.

“Aaya ucapkan selamat Hari Pelanggan bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semoga kehadiran Jamsostek dapat meningkatkan kesejahteraan, mengurangi kemiskinan baru sebagai dampak dari kematian,” ujar Irsan.

Mewakili ahli waris, Ismawati Sakdiah mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padang Sidempuan dan Kantor BPJS Ketenagakerjaan.

“Dana yang kami terima dari BPJS Ketenagakerjaan kiranya dapat membantu melanjutkan pendidikan bagi anak-anak kami dan kami mengucapkan terima kasih atas pelayanannya,” ucap Ismawati Sakdiah terbata-bata.

Terpisah, bertempat di Kantor Cabang Sidimpuan, penerima santunan Elida Hannum Harahap mantan pekerja di  Desa Aek Godang Hulu Sihapas, Asman Pohan alias Jabadusin Gelar Bgd Uhum. Ia menerima manfaat Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua sebesar Rp 43.671.880.

Rusliana Pasaribu, ahli waris Jepanja Manalu, bekerja di TOR Ganda-Kebun Karya Perdana menerima manfaat Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan manfaat beasiswa sebesar Rp 128.323.920. (JN/r).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *