Dukung TMMD, PWI Tabagsel Beri Dukungan Melalui Pemberitaan

JELAJAHNEWS.ID – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) mendukung dan mengapresiasi upaya para jurnalis yang aktif mensosialisasikan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 111 Kodim 0212/Tapsel melalui pemberitaan yang disajikan.

Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap mengatakan, saya mengamati, cukup banyak pemberitaan kegiatan TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel yang di ekspos kawan-kawan jurnalis, sehingga kegiatan TMMD tersosialisasi dan diketahui banyak kalangan, bagaimana jerih payah para prajurit TNI membangun negeri.

“Tentunya karya jurnalistik yang disajikan para jurnalis harus diapresiasi, dengan pemberitaan perkembangan kegiatan TMMD, Kegiatan tersebut bisa di ketahui publik dan prajurit TNI juga semakin semangat untuk menyelesaikan program TMMD, ” ujar ketua PWI, Selasa (29/6/2021).

Menurutnya, program TMMD merupakan bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat dan program tersebut sangat memberikan manfaat besar bagi pembangunan di Desa, khususnya di Kabupaten Tapsel.

“Karena sejatinya wartawan dan TNI bekerja untuk rakyat. Apa yang dilakukan Satgas TMMD Kodim 0212/Tapsel, PWI secara kelembagaan mengapresiasi prajurit TNI karena telah memfasilitasi wartawan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk penyajian berta terkait perkembangan pembangunan melalui program TMMD, “ ujar Sukri.

Disebutkannya, kegiatan yang berlangsung selama 1 bulan penuh sejak 14 Juni itu dinilai sangat strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Siuhom dan Batu Rosak sebagai lokasi kegiatan tersebut berlangsung.

“ Selama ini ada stigma bahwa pembangunan di Desa selalu tertinggal. Stigma ini harus dikikis dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0212/Tapsel, melalui program TMMD, ” katanya.

Sukri Falah  meyakini, kehadiran prajurit TNI di lokasi TMMD, meski hanya berlangsung singkat (sebulan), namun bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat setempat. Pasalnya, kata dia, selain melakukan kegiatan fisik, di lokasi tersebut juga dihelat berbagai kegiatan non fisik.

“Mengkombinasikan dua kegiatan ini (fisik dan non fisik) gagasan yang luar biasa, selaras dengan semboyan yang selama ini kita kenal, yaitu ‘‘bangunlah jiwanya dan bangunlah raganya’’ dan berharap dapat membuka cakrawala masyarakat Desa terkait perkembangan kekinian, sehingga, transfer pengetahuan itu bisa meningkatkan produktivitas masyarakat, “ paparnya.

Terpisah, Dandim 0212/Tapsel selaku Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP  mengatakan, dukungan dari organisasi pers itu sangat penting untuk ikut mensukseskan program TMMD.

“ Pers sebagai pilar ke empat demokrasi perannya sangat penting. Pers adalah mata dan telinganya public dan sebagai pihak yang melakukan kontrol terhadap aktivitas yang sedang kami kerjakan. Kehadiran pers justru memacu kami untuk semakin profesional merealisasikan program ini, ” terang Dandim.

Selain itu katanya, program TMMD Kodim 0212/Tapsel juga senapas dengan cita-cita berbangsa dan bernegara dan menjadi benteng kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

“ Desa adalah salah satu benteng kekuatan NKRI. Saat masyarakat Desa kita kuat dan sejahtera, maka NKRI pun kuat. Kemakmuran harus tumbuh mulai dari Desa. Program TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel kami nilai untuk merealisasikan hal tersebut, “ tegasnya.

Letkol Rooy Chandra menambahkan, diplihnya lokasi TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel di Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat, tidak terlepas dari informasi awal yang didapatkan dari media massa, sehingga hubungan yang baik pihaknya dengan insan pers, turut berkontribusi dalam meningkatkan profesionalitas institusi yang dipimpinnya.

“ Kami belajar dan menimba banyak informasi dari teman-teman pers. Dukungan teman-teman jurnalis terhadap program TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel sangat berharga, demi terwujudnya sinergitas untuk NKRI dan kesejahteraan rakyat, ” tegas Letkol Rooy Chandra.( Irul Daulay)