Disdukcapil Tapsel Pastikan Blangko Tersedia Sampai Akhir Tahun

TAPSEL – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki blangko untuk kebutuhan masyarakat, guna meningkatkan pelayanan perekaman KTP Elektronik (KTP EL) sampai ke pelosok kecil di wilayah Tapsel .

Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil melalui Sekretaris Ambia,S.IP kepada awak media diruang kerjanya, Rabu(24/6/2020)

Ambia mengatakan bahwa, Disdukcapil Tapsel baru menerima 1000 blangko dari provinsi, dan dalam waktu dekat akan menerima blangko sebanyak 10.000 dari Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

“Kemungkinan blangko KTP tersedia sampai akhir tahun 2020,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ambia mengatakan bahwa blangko yang tercetak hanya kabid yang tahu sesuai data yang tertera di server. Namun terkait ketersedian blangko, tentunya informasi tersebut diketahui sekretariat.

“Kemarin ada distribusi blangko dari provinsi sebanyak 1000 blangko, Alhamdulillah, kebutuhan masyarakat untuk mengurus KTP aman,” imbuhnya.

Ambia juga menjelaskan bahwa prosedur pendaftarannya masih seperti biasa, dengan cara melengkapi berkas dan pengisian formulir, serta perekaman dengan mengikuti protokol dinas kesehatan.

Bahkan pendaftaran melalui website maupun online sudah berkordinasi dengan Kominfo.
“Mungkin di pertengahan tahun 2020 ini sudah terwujudlah itu websitenya,” kata Ambia.

Salah seorang warga yang juga sedang mengurus KTP, turut mengapresiasi kinerja Disdukcapil Tapsel.

“Tidak ada kendala untuk mengurus KTP, bahkan prosesnya cepat, dan pelayanannya cukup memuaskan,” tandasnya. ( Irul Daulay)