Direktur ELCA Asia Pasific dan Pendeta UUC Sambangi RS HKBP Balige

JELAJAHNEWS.ID – Direktur Evangelical Lutheran Church in America (ELCA) Asia Pasifik Rev. Yoshitaka Franklin Ishida dan didampingi Pendeta dari UCC Rev. Jessica Desire kunjungan ke Rumah Sakit HKBP Balige, Sabtu (24/9/2022) pukul 12.00 WIB.

Selain ke RS HKBP Balige, Rev. Yoshitaka Franklin Ishida dan Rev. Jessica Desire juga kunjungi Kantor HKBP Aids Ministry (HAM) di lokasi yang sama.

Keterangan tertulis dari Yayasan Kesehatan HKBP di Balige, diterima redaksi JELAJAHNEWS.ID Minggu (25/09/2022) siang, mereka tampak berdialog terkait pelayanan pencegahan dan pengendalian HIV di wilayah itu.

Rev. Yoshitaka Franklin Ishida merupakan Direktur untuk Asia dan Pasifik di Unit Misi Global Gereja Lutheran Injili di Amerika, sering terlibat dengan gereja-gereja dan lembaga-lembaga di seluruh Asia dan Australia mengawasi pekerjaan misionaris dan mengunjungi proyek-proyek pembangunan. Bahkan, ELCA kerap berhubungan dengan gereja, lembaga teologi dan LSM di 19 negara di Asia.

Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP Plt Sekretris Yayasan Bonar Sinaga, Bendahara Nursinta Sinambela dan Sanco Simanullang didampingi Direktur RS HKBP Balige Benny Sinaga terlihat antusias menerima kunjungan utusan dari ELCA dan UCC dimaksud. Tampak hadir Kabiro Oikumene HKBP Pdt Mika Purba dan Ketua dan staf HKBP Aids Ministry (HAM).

Pada sesi dialog di Kantor Yayasan Kesehatan HKBP Balige, Ketua HAM Tihar Hasibuan meminta agar RSU HKBP Balige mempersiapkan ruang operasi khusus untuk ibu yang akan melahirkan dan terinfeksi HIV maupun Hepatitis.

“Selama ini selalu merujuk ke rumah sakit Tarutung ataupun ke Medan. Mohon difasilitasi disini,” kata Tihar Hasibuan.

Direktur Rumah Sakit HKBP Balige Benni Sinaga menegaskan ruang operasi khusus untuk ibu yang terinfeksi HIV telah siap beroperasi.

“RSU HKBP Balige sudah menambah jumlah ruangan kamar bedah, yang dulunya hanya 1 kamar tapi saat ini sudah 3 kamar. Kedepannya kita siap tangani penanganan penyakit infeksius,” ujar Benny Sinaga.

Sementara itu, pengurus Yayasan Kesehatan HKBP dalam kesempatan tersebut menerangkan capaian program dan hasil kinerja selama bertugas 1 tahun 6 bulan.

“Kita sedang genjot pembangunan secara fisik, infrastrukur dan segera mengembangkan SDM,” ucap Plt Sekretaris Yayasan Kesehatan Bonar Sinaga dan Nursinta Sinambela.

Sanco Simanullang menimpali, bahwa kedepan ia sangat harapkan adanya dukungan putra putri Batak dan semua pihak membangkitkan kembali kejayaan Rumah Sakit yang telah berusia 104 tahun tersebut.

Disela sela kunjungan Rev. Jessica Desire mengungkapkan pihaknya berupaya menggalang dukungan dan bantuan terhadap kemajuan rumah sakit HKBP.

Ia dan rombongan meninjau sejumlah ruangan dan Rev. Jessica Desire berkesempatan mendoakan pasien yang sedang dirawat di ruang ICU. (JM-BTM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *