oleh

Dinas PP & PA P. Sidimpuan Menggelar PUSPA 2020

JELAJAHNEWS.ID, P.SIDIMPUAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Parlindungan Anak ( PP dan PA ) Kota P. Sidimpuan menggelar forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak ( Puspa) tahun 2020, di Aula Majelis Ulama Indonesia (MUI) P.Sidimpuan, Sabtu ( 28/11/2020 ).

Secara resmi, kegiatan yang melibatkan lembaga masyarakat, dunia usaha, forum anak dan media resmi dibuka oleh Kadis PP& PA P.Sidimpuan, Hj Roslina Hasibuan, S.PD.I.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas (Kadis) PP& PA P.Sidimpuan, Roslina Hasibuan, S.PD.I. mengatakan forum Puspa tersebut ada untuk menjembatani persoalan yang dihadapi anak.

“Semoga forum Puspa dalam keterlibatannya berhasil menghantarkan perempuan dan anak,” harap Kadis.

Sementara itu, panitia pelaksana Herlina Safitri, SE menambahkan kegiatan yang didominasi para perempuan tersebut berjumlah 100 orang, dan memberikan hati untuk kemaslahatan perempuan dan anak di Kota P.Sidimpuan.

Ia berharap ilmu yang diberikan dapat dipergunakan agar para perempuan dan Anak di Sidimpuan sejahtera.

Selanjutnya, Kasubbag Program Akuntabilitas dan Informasi Publik Dinas PP dan PA Prov Sumut, Devi Wahyudi, S.S mengungkapkan kesenjangan ekonomi menjadi faktor utama munculnya kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Timbulnya Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( KDRT) kerap di tenggarai oleh masalah ekonomi sehingga menjadi sorotan pemerintah untuk mencari solusi dan salah satunya yakni Puspa.

“Forum Puspa yang beranggotakan tokoh masyarakat serta tokoh agama ini melihat kompleksnya masalah dan masih belum optimal pelayanannya,” ujar Devi.

Devi berharap Puspa ini mampu memberikan solusi dalam penguatan ekonomi keluarga dalam menghadapi masalah yang dihadapi terutama di era digital saat ini.

Puspa juga mendorong anggotanya untuk menawarkan program kepada dunia usaha, sehingga dilirik BUMD maupun BUMN seperti pengalaman Puspa di Belawan dengan mengajukan program misalnya Tenaga Mentor (Tutor).

“Selain berbadan hukum dan memiliki SK dari Farrah, Puspa dapat menghadirkan dunia usaha demi kemajuan usaha,” pungkasnya.(Salmi Lubis).

Berita Terkait