Diduga Masih Beroperasi, Polres Bersama Forkopimda PSP Sosialisasi dan Penyisiran Narkoba di Silayang

P.SIDIMPUAN – Polres bersama Forkopimda mengadakan sosialisasi bahaya Narkoba, di lingkungan Silayang- silayang wek ll kecamatan Padangsidimpuan Utara di kota Padangsidimpuan, Jum’at,(15/01/2021), sekira pukul 09.00 Wib.

Selain sosialisasi, gotong-royong dilakukan dengan menyisir lokasi guna memberantas penyalahgunaan narkotika di lingkungan wilayah hukum Padangsidimpuan.

Kegiatan sosialisasi tersebut salah satu upaya Polres kota bersama Forkopimda untuk mengajak masyarakat anti narkoba.

Kapolres AKBP Juliani Prihartini mengatakan, gelar tersebut untuk merespon pengaduan dari masyarakat tentang masih adanya penggunaan dan peredaran Narkoba di Silayang-silayang.

“Kita mengajak Hatobangon, tokoh agama dan masyarakat untuk memerangi narkoba,” ujar kapolres.

Selama ini, sambung kapolres masyarakat ragu dan tidak berani untuk melaporkan karena adanya intimidasi.

“Jangan khawatir lagi kalau ada intimidasi, karena kita ada di sini menampung laporan masyarakat untuk menindak tegas peredarannya,” tegasnya.

Sementara itu, Wali kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengapresiasi edukasi maupun sosialisasi bahaya narkoba di gelar.

“Alhamdulillah, semoga sesudah sosialisasi ini, masyarakat setuju untuk berani melaporkan ke pihak Polres dan warga juga setuju merumuskan adanya sanksi sosial bagi warga pengguna atau pengedar narkoba,” harap Irsan.

Sanksinya seperti yang diberikan dari penggurus STM( Serikat Tolong Menolong), “Kalau ada warga yang terlibat narkoba, maka dia akan di keluarkan dari anggota STM,”lanjut Wali Kota.

Dengan sanksi sosial seperti ini, Irsan mengharapkan muncul dan tumbuh kesadaran saudara-saudara kita yang tersesat menggunakannya.

“Kita berharap, saudara pengguna Narkoba kembali ke jalan yang benar, jangan lagi menggunakan dan mengedar narkoba, karena mengancam keselamatan generasi muda dan anak- anak kita ke depan,” tuturnya.

Perlu di ketahui, sambung Irsan, apabila kepala lingkungan dan lurah atau kepala desa tidak memberikan dukungan terhadap pergerakan ini, maka akan di lakukan evaluasi, karena tanpa sinergi dan kerja sama dengan tanpa terlibat ke semua pihak tentu akan sulit bagi jajaran polres Kota Padangsidimpuan untuk pemberantasan narkoba.

“Pemerintah dari kepala lingkungan, kepala desa, lurah dan camat semua aparatur harus terlibat memberi lingkungan, harapan kita, melalui kerja sama ini Padangsidimpuan jauh dari peredaran narkoba,” tegasnya.

Di akhir kegiatan tersebut masyakat juga meminta untuk di fasilitasi kegiatan olahraga dan kegiatan lubuk larangan dengan harapan anak-anak generasi muda dapat melakukan hal-hal produktif yang menjauhkan mereka dari bahaya narkoba.

Irsan Efendi juga berjanji akan menyediakan bola dan kostum untuk anak-anak muda, beliau juga akan mengutus dinas pertanian memberikan bibit ikan nila dan ikan mas sebanyak 2000 ekor besok hari sabtu.

Kemudian, Ketua STM, Asmansyah Lubis mengatakan, dengan adanya kegiatan ini masyarakat merasa terayomi dan merasa di dukung oleh pejabat-pejabat yang hadir khususnya kehadiran Kapolres yang sudah membuktikan untuk benar-benar mengajak kerja sama dengan masyarakat kita.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut Wali Kota, Kapolres, Danramil, Camat Padangsidimpuan Utara, Kadis Kominfo, Kasatpol PP kota Padangsidimpuan, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, dan seluruh Warga Silayang-Layang Kelurahan WEK II. (Irul Daulay).