oleh

Di Medan, Masih Ada Pedagang Pasar Abai Prokes

MEDAN – Pedagang pasar di Medan masih mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes). Terlihat sejumlah pedagang tidak mengenakan masker saat melayani pembeli. Ada yang beralasan gerah, ada pula memang tidak membawa masker.

Hal ini di temukan oleh Tim Gabungan Pemko Medan, TNI, dan Polri Patroli Protokol Kesehatan (Prokes) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro, Jumat (28/5) di Pasar Cahaya, Kecamatan Medan Timur.

Tim Gabungan secara persuasif berusaha memberi pengertian kepada pedagang di dominasi kaum perempuan itu.

“Masker itu untuk melindungi diri kita dan orang lain. Ini salah satu cara kita untuk mencegah tertular Covid, Inang,” ucap salah seorang petugas kepada seorang pedagang sayur, yang di temukan tidak memakai masker.

Petugas tidak beranjak dari lapak sayur tersebut, sebelum pedagang tersebut mendapatkan dan memakai masker.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Zain Noval, melalui Kabid Teknologi Informatika, Deddy Wilistyan mengatakan, patroli ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Wali Kota Medan Nomor 440/3794 tanggal 18 Mei 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan.

Patroli yang di lakukan pada pagi dan malam hari ini, lanjut Deddy, untuk memastikan warga tetap mematuhi protokol kesehatan dan PPKM Berbasis Mikro yang di tetapkan pemerintah.

Deddy juga mengucapkan terima kasih kepada anggota tim gabungan yang terdiri dari personel TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Medan yang sampai kini tetap semangat menjalankan patroli ini dengan penuh kesiapsiagaan dan tanggung jawab.

“Mari kita jalankan patroli ini dengan tertib dengan memedomani apa yang sudah di tetapkan,” ucapnya.(JN/Jai)

Berita Terkait