Cegah Virus Covid-19, Bupati Karo Melakukan Penyemprotan Disinfektan

JELAJAHNEWS.ID,KARO – Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, Bupati Karo Terkelin Brahmana selaku pengarah gugus tugas dalam penanganan Virus Corona disease (covid-19) melakukan penyemprotan gedung DPRD dan Dukcapil Tanah Karo, Jumat (20/3/2020) sore.

Pada saat penyemprotan disinfektan didampingi oleh Ketua Gugus Ir Martin Sitepu anggota DPRD Karo Rapi Ginting, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Sekwan DPRD Karo Petrus Ginting, Kadis dukcapil Susi Iswara Br Bangun, Kabag operasi polres Tanah karo, Pasi ops dim 0205/TK.

Menurut Bupati Karo, Terkelin Brahmana saat ini dilakukan peyemprotan Disinfektan, sebagai tindak lanjut telah dibentuknya Gugus tugas SK Bupati karo nomor : 360/080/BPBD /2020 tanggal 18 maret 2020, untuk mengurangi penyebaran virus corona dikantor kantor pelayanan publik.

“Penyemprotan Disinfektan ini jelas mengurangi resiko penyebaran virus Corona. Untuk itulah saya langsung uji coba action penyemprotan perdana, dikantor DPRD dan dukcapil kabupaten Karo, sebagai tindakan nyata, menyatakan perang melawan virus corona disease (covid-19),”kata Terkelin.

Dia juga menghimbau agar masyarakat jangan panik, khawatir dan harap tenang, batasi ruang gerak keluar rumah jika tidak perlu. Dia mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan makan makanan bergizi dan bervitamin.

“Jika ada hal-hal yang menonjol diketahui masyarakat tim gugus tugas sudah membentuk kerjasama dengan dinas kominfo Karo dengan memanfaatkan media command center sebagai Posko pusat menampung informasi terkait penanganan Virus Corona,”katanya.

Sementara ketua Gugus penanganan virus Corona Ir Martin Sitepu membenarkan penyemprotan ini adalah yang pertama sejak SK Gugus tugas dibentuk oleh Bupati Karo.

“Lokasi yang kita pilih kantor DRPD Karo dan kantor Dukcapil Kabupaten Karo, pasalnya lokasi ini merupakan pelayanan publik yang selama ini ramai dikunjungi masyarakat terlebih dinas Dukcapil, setiap orang ramai dalam mengurus adminitrasi KTP dan surat surat lainnya,”ujar Martin.

Lebih lanjut, Martin menuturkan penyemprotan Disinfektan ini telah kita sediakan 2 unit damkar Kabupaten Karo untuk mengangkat air penyemprotan. Hari ini khusus 4000 liter air Disinfektan dihabiskan seputaran gedung DPRD, dukcapil, pertanian dan ruang taman hijau dan kantor camat Kabanjahe.

“Sedangkan didalam ruangan kita utamakan menggunakan pompa gendong yang telah kita siapkan sebanyak 3 unit, untuk menyemprot ruangan,”katanya.

Menurutnya, kegiatan ini akan terus berlanjut setiap hari namun lokasi berpindah pindah nantinya, hal ini sudah bagian program dan kesepakatan tim untuk menekan penyebaran virus corona.

” Bahan ada 3500 liter nanti akan disemprotkan secara bergiliran. Saya kira ini cukuplah selama 14 hari kedepan,” katanya.

Dipihak lain, Ketua DRPD Karo melalui Rapi Ginting, mengapreisasi langkah action bupati Karo bersama tim Gugus tugas lainnya, kegiatan ini meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah daerah kabupaten Karo peduli dalam penanganan penyebaran virus corona. Rapi menilai, tim sudah tepat sasaran dalam memilih lokasi pertama peyemprotan, ketempat pelayanan publik dukcapil, gedung DRPD dan pertanian dan kantor camat kabanjahe sekitarnya.

“Lokasi yang ditentukan untuk penyemprotan sudah pas dan terutama diwilayah pelayanan publik, “jelasnya.(Jai)