Cegah Kluster Covid-19 di Nataru 2021, Pendam I/BB Gelar Ops Prokes

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Penerangan Kodam I/Bukit Barisan terus melakukan upaya berkesinambungan dalam mencegah munculnya kluster baru penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Medan sekitarnya, terutama saat menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Salah satu upaya itu adalah dengan menggelar operasi pendisiplinan masyarakat terhadap Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 yang digelar serempak di tujuh titik di kawasan Kota Medan.

Demikian disampaikan Kepala Pendam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, di sela peninjauan kegiatan kepada media, Selasa (22/12/2020).

Kapendam menjelaskan, dalam pelaksanaan operasi ini, pihaknya menyebar personel ke lokasi tujuh titik sasaran kegiatan lengkap dengan membawa masker gratis untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Dengan operasi pendisiplinan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 serempak di tujuh titik ini, kita berharap warga masyarakat semakin sadar dan tergugah untuk mengubah perilakunya dalam penerapan 3M; yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun,” terangnya.

Di samping itu, lanjut Kolonel Zeni, pelaksanaan operasi ini juga sebagai wujud dukungan TNI AD melalui Kodam I/BB dalam membantu Pemerintah Kota Medan memutus rantai penyebaran Virus Corona di masyarakat.

Dalam operasi ini, seluruh personel Pendam I/BB yang diturunkan terlebih dulu mensterilkan diri masing-masing, sehingga pelaksanaan kegiatan dengan cara-cara persuasif, edukatif dan humanis kepada masyarakat dapat berjalan aman, lancar dan tertib.

“Personel yang diturunkan dalam operasi ini sudah menjalani Rapid Test di RS Tk II Putri Hijau Medan beberapa hari sebelumnya, sehingga dengan demikian kita juga ikut memastikan personel yang ditugaskan tidak menjadi Carrier atau pembawa virus kepada masyarakat luas,” tegas Kolonel Zeni.

Adapun kedudukan Pos Covid-19 Pendam I/BB yang melakukan operasi pendisiplinan Protokol Kesehatan serempak kali ini, terdiri dari, Pusat Grosir Lotte Mart, Pasar Kampung Lalang, Ringroad City Walks, RS Sundari, Kantor Samsat Makro, SPBU Pondok Kelapa,dan SPB Simpang Sunggal.(FP)