Bupati Tapsel Tinjau Jalan Longsor di Desa Padang Mandailing Garugur

TAPSEL – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, meninjau lokasi jalan longsor di Dusun Bangun Purba, Desa Padang Mandailing Garugur, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapsel, Minggu (29/8).

Tampak timbunan longsor yang menimbun jalan sepanjang lebih kurang 20 meter yang menghubungkan antara Desa Sombadebata Purba dan Padang Mandailing Garugur.

“Kami biasanya setiap akhir pekan melakukan monitoring ke posko Covid-19 dan Rumah Isolasi Mandiri yang ada di desa se-Kabupaten Tapanuli Selatan. Begitu kami mengetahui adanya longsor, maka Saya perintahkan Camat, Kalaksa BPBD, Camat Saipar Dolok Hole untuk meninjau dan melakukan tindakan segera,” tutur Bupati.

Alhamdulillah, hari ini persisnya pukul 13.30 WIB, jalan yang tertimbun longsor itu sudah bisa dilalui,” kata Bupati disela kunjungannya yang didampingi Kalaksa BPBD Ilham Suhardi, Kadis Pertanian Bismark Maratua Siregar, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Plt. Camat SDH Inganan Dalimunthe, Kapolsek, Babinsa dan Sekcam SDH.

Bupati menyampaikan pihaknya hadir untuk bergerak cepat supaya akses jalan yang sempat terputus akibat tertimbun longsor bisa segera dilewati oleh masyarakat seperti sediakala.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada TNI-Polri yang turut berjibaku merespons adanya musibah longsor yang terjadi pada Jumat (28/8) malam itu.

“Karena TNI-Polri telah sigap dan berperan aktif dalam memperlancar arus lalulintas di Desa Padang Mandailing Garugur ini. Mudah-mudahan, ke depan tidak ada lagi kendala dalam perbaikan akses jalan di sekitar kawasan tersebut,” harap Bupati.

Bupati juga menyampaikan beberapa hari lalu di beberapa lokasi terjadi longsor, yang mana sumber dayapun terbatas, makan diperintahkannya untuk menyisir setiap lokasi. “Kami dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih dan salut atas kekompakan masyarakat yang selalu bergotong royong dalam membersihkan lokasi longsor bersama Pemkab dan TNI – Polri,”ujar Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada segenap masyarakat Tapsel bahwa, berdasar info dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa curah hujan dalam kurun waktu belakangan ini cukup tinggi.

Maka dari itu, diharapkan agar masyarakat tetap waspada terhadap perubahan alam dan cuaca di sekitar Tapsel. “Jangan sampai kita terkena musibah akibat kelalaian dan ketidak hati-hatian. Kami di sini, terus bekerja bersama untuk kenyamanan warga Tapsel,” harap Bupati.

Tidak hanya longsor, Bupati juga mendapat informasi bahwa Tapsel rawan bencana banjir juga Karhutla. Saya berpesan, “Waspada membaca tanda-tanda alam. Perubahan situasi terutama arus dan debit air sungai. Sehingga setiap aktivitas di sungai bisa dilakukan dengan segera jangan sampai air meluap bisa mengakibatkan terjadinya musibah karena hanyut dibawa arus,” tutup Dolly.

Sementara Kepala Desa Padang Mandailing Garugur, Sahnan Siregar, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapsel dan TNI-Polri yang cepat tanggap turun langsung ke lokasi guna meninjau jalan longsor. Dia berharap, kiranya akses jalan di kawasan tersebut kembali lancar seperti semula. (Irul Daulay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *