Bupati Tapsel : Kades Baik Itu Melayani, Bukan Malah Dilayani Masyarakat

TAPSELBupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM mengatakan, saat ini tugas para kepala desa (Kades) dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan akan semakin berat. Maka, para Kades masa kini harus berjiwa melayani, bukan malah dilayani masyarakat.

“Sebagai kepala pemerintahan di desa, Kades yang baik itu menguasai tupoksi secara baik dalam menjalani tugas,” ujar Dolly pada pelantikan dua Kades pergantian antar waktu (PAW) di ruang lobi Kantor Bupati Tapsel, Senin (30/8) pagi.

Kemudian lanjut Dolly, para Kades Tapanuli Selatan yang berminat untuk dapat terus belajar, kuasai perundang-undangan, dan tugas pokok sehingga diharapkan nantinya akan mampu memimpin rakyatnya. Kades juga harus mampu menguasai data terkait potensi yang dimiliki di desa, baik berupa peluang, hambatan, maupun tantangan.

“Kemudian, tinggalkan paradigma lama bahwa Kades itu bukan raja, dimana masyarakat melayani Kades. Akan tetapi Kadeslah yang harus melayani masyarakat,” tegas Dolly.

Dolly juga menjelaskan, bahwa Kades harus memegang peranan penting dalam pemerintahan sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah atasan. Disamping itu, Dolly berharap agar para Kades lebih peka terhadap segala persoalan sosial di wilayah masing-masing. Kades juga harus jadi orang pertama yang paling tahu persoalan di desa. Maka dari itu, Kades harus dapat menjadi fasilitator bagi persoalan warga.

“Minimal, Kades melapor ke dinas terkait jika ada suatu persoalan yang dianggap sangat-sangat penting, atau dapat melapor langsung ke saya (Bupati Tapsel),” jelas Dolly.

Untuk mencapai itu semua, sebut Dolly, memang perlu adanya pemikiran yang jernih dan sentuhan yang lembut dari seorang Kades sebagai ujung tombak guna menembus sampainya program Pemkab Tapsel ke masyarakat. Dolly menyampaikan bahwa istri-istri Kades sebagai penyokong kegiatan yang ada di desa. Agar mampu memberikan motivasi yang terbaik, sehingga amanah yang diberi masyarakat dapat dijalankan dengan baik pula.

“Terakhir, kami berpesan ke semua pihak dan terkhusus ke Kades yang baru dilantik, bilamana menemukan persoalan walau seringan serta semudah apapun, janganlah kita bersifat anggap enteng atau remeh, sebab bisa berujung pada kelalaian. Selalu serius dan berkesungguhanlah dalam melaksanakan tugas, sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat,” pinta Dolly.

Sebagai informasi, pelantikan dua Kades PAW tersebut berdasarkan SK Bupati Nomor : 188.45/543/kpts/2021 tanggal 23 Agustus 2021. Adapun yang dilantik antara lain, Musfa Gani Hasibuan sebagai Kades PAW Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan. Kemudian, Azwar Anas sebagai Kades PAW Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muaratais.

Setelah penyerahan SK pelantikan kepala desa, Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu juga melantik dua Ketua TP PKK Desa Sibongbong dan Desa Sorimanon sekaligus menekankan agar pengurus PKK desa untuk melakukan pembenahan organisasi dan menjalankan tugas-tugasnya dalam memberhasilkan 10 program pokok PKK.

Pelantikan ditandai dengan penyematan tanda pangkat kepala desa, dan disaksikan Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, PKK, Ketua APDESI Tapsel Hasan Basri Hutasuhut dan sejumlah undangan lainnya. (Irul Daulay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *