Bupati Sergai Lantik 6 Jabatan Pratama dan 12 Pejabat Administrator

SERGAIBupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melaksanakan pelantikan Pejabat dengan Jabatan Tinggi Pratama (JPT) dan Administrator di Lingkungan Pemkab Sergai, bertempat di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati, Sei Rampah, Senin (05/07/2021).

Bupati menyampaikan proses pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama dilaksanakan melalui mekanisme seleksi terbuka telah mendapat rekomendasi dari komisi aparatur sipil negara nomor B- 1994/KASN/2021 Tanggal 31 Mei tentang persetujuan pengangkatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Sergai, sedangkan proses mutasi dan rotasi jabatan administrator telah dikonsultasikan sebelumnya Kementerian Dalam negeri sebagai upaya pelaksanaan amanat pasal 162 ayat 3 undang-undang nomor 10 tahun 2016 yang mengesahkan bahwa Bupati atau Walikota yang akan melakukan penggantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah kabupaten/kota dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan dari menteri.

Darma menyebutkan, persetujuan itu tertuang dalam surat Menteri Dalam Negeri no. 821/ 4289/ OTDA tanggal 30 Juni 2021 tentang persetujuan pengangkatan dan pelantikan pejabat administrator di lingkungan Pemkab Sergai.

“Berkenaan dengan hal itu selaku pribadi dan atas nama Pemkab Sergai, saya menyampaikan selamat kepada saudara-saudari JPT dan Administrator di lingkungan Pemkab Sergai yang baru saja dilantik. Kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada saudara-saudari sekalian benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” harap Bupati.

Hal ini, sebut Darma Wijaya, penting untuk dipahami dan dijiwai karena konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada bangsa dan negara serta masyarakat Sergai, akan tetapi lebih dari itu dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Apalagi, masih kata Bupati, disadari sepenuhnya bahwa tanggung jawab dan beban tugas pemerintahan daerah ke depan semakin berat karena harus ada lompatan-lompatan eksponensial serta inovasi dalam setiap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi untuk dapat bangkit di masa penemuan Covid-19 ini.

“Saudara diminta mengeluarkan seluruh potensi dan kemampuan yang ada untuk mendukung Pemkab Sergai dalam menjaga stabilitas politik daerah, melaksanakan kebijakan penanganan pandemi sesuai arahan pemerintah pusat serta melakukan langkah-langkah strategis dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat khususnya UMKM atau segmen menengah ke bawah untuk bisa maju terus. Saya berharap saudara dapat mengoptimalkan peranannya dalam pelaksanaan tupoksi yang telah diamanatkan dengan sebaik-baiknya dan sekali lagi saya tegaskan kiranya jabatan yang dipercayakan kepada saudara jangan sampai disalahgunakan melainkan dijalankan dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab,” tegas Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Ada 6 pesan penting yang disampaikan Darma Wijaya terkait program kerja Bupati dan Wakil Bupati Sergai yang mesti didukung oleh para pejabat yang baru dilantik.

Ia merinci, pertama mewujudkan visi “Maju Terus”, lalu adaptasi dan kenali segera tupoksi, kemudian bagi Camat yang baru dilantik agar menggali potensi di wilayah yang dipimpin, selanjutnya mempercepat pencapaian target kinerja utama yang melekat pada fungsi jabatan yang diemban, kelima melaksanakan efisiensi dalam penggunaan anggaran dengan memprioritaskan program kegiatan yang berkontribusi langsung pada pencapaian target target kinerja.

“Terakhir kepada tim penilai kinerja saya tugaskan untuk memantau secara khusus kinerja JPT Pratama dan Administrator yang baru saja dilantik dan melakukan evaluasi atas kinerja 3 bulan pertama dan melaporkan kepada saya,” tandasnya.

Adapun rincian JPT Pratama yang dilantik adalah Suwanto Nasution, S.Pd, MM, sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Sofyan Suri, S.Sos, MM sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, M. Kahar Efendi, S.Sos, sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dedy Iskandar, SP, MM sebagai kepala Dinas Pertanian, Arianto, S.Pd, M.Si sebagai Kepala Dinas Sosial dan terakhir Elinda Sitianur, SE, sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sedangkan untuk jabatan Administrator, rincian pejabat yang dilantik adalah Raden Cici Sistiansyah, S.Sos sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Sergai, Jalinar Simanjuntak, SH, MM sebagai Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Tri Budi Utama Nasution, ST, M.Si, sebagai Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Sergai, Efraim Barus, ST, M.Si, sebagai Kepala Bidang Peralatan dan Pengendalian Mutu Dinas PUPR, Dra. Syahriati Lubis sebagai Sekretaris Dinas Sosial, Sariful Azhar, SH, sebagai Sekretaris Dinas PMD, Abdi Rasoki Pulungan, S.Pd, MAP, sebagai Sekretaris Inspektorat, Gidion Tarigan, SE, M.Si, sebagai Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset, Muryani, SE sebagai Camat Serbajadi, Mariadi, S.Pd.I sebagai Sekretaris Kecamatan Serbajadi, Roy Luther Sipayung, S.Hut, M.Si, sebagai Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan terakhir Maslina Rotia Sagala, S.Pi sebagai Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten, Staf Ahli Bupati Serta jajaran Kepala OPD.(Jai)