Bupati Sergai Jabat Kordinator APKASI Sumut

BALI – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengukuhkan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya sebagai Koordinator wilayah Sumatera Utara Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) masa bakti 2021-2026.

Pengukuhan sekaligus rapat koordinas nasional (rakornas) ini dilaksanakan di Pecatu Ballroom, BNDCC, Nusa Dua Bali Kawasan Pariwisata Nusa Dua Lot MW/01, Nusa Dua Bali, Sabtu (19/06/2021).

Dalam keterangannya, Bupati menyampaikan jika acara ini dihadiri secara langsung oleh Menko Perekonomian, Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Keuangan dan Menteri Koperasi dan UKM.

“Ini merupakan suatu kehormatan karena pada masa bhakti 2021-2026, saya dikukuhkan sebagai Koordinator Wilayah Sumut. Kedepannya saya tentu berharap APKASI dapat memiliki peran untuk menjembatani aspirasi dan sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” ucap Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Bupati melanjutkan, tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini, yaitu “Tantangan dan Harapan : Membangun Ekonomi Daerah di Masa Pandemi Covid-19”, sangat relevan dengan situasi saat ini di mana seluruh daerah sedang berjibaku menuntaskan berbagai tantangan yang diakibatkan virus asal Wuhan.

“Tadi Mendagri Pak Tito Karnavian, menyebut, jika pembangunan ekonomi daerah dapat terwujud ketika mampu mengendalikan pandemi Covid-19 yang merupakan pandemi global. Kemendagri sebagai pelayan pemerintah daerah akan terus memonitor dan memberikan evaluasi terhadap daerah-daerah,” terangnya.

Sementara itu, masih kata Bupati, dalam acara ini Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, juga menuturkan kondisi ekonomi di Indonesia terbilang masih dalam batas aman dan akan terus tumbuh. Kendati kasus aktif Covid-19 kembali meningkat, penularan masih dalam tahapan bisa dikendalikan dalam dua minggu ke depan agar pergerakan masyarakat dan kegiatan ekonomi bisa kembali berjalan.

“Di kesempatan yang sama juga tadi Pak Menko Luhut menambahkan bahwa kini upaya pemulihan ekonomi dan reformasi harus dilakukan secepat mungkin. Pemerintah menyiapkan sejumlah upaya untuk mendorong hal tersebut,” ucapnya.

Di kesempatan ini, Mendagri Tito Karnavian mengukuhkan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E sebagai Ketua Umum APKASI untuk masa bhakti 2021-2026.