Bupati Sergai Imbau Masyarakat Tidak Mudik

JELAJAHNEWS.ID, SERGAI – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat yang berada jauh di perantauan untuk tidak melakukan mudik di kampung halamannya. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum juga usai.

“ Jika sayang dengan keluarga yang ada di kampung halaman, maka kami ingatkan untuk tidak mudik lebaran tahun ini. Kami berharap sinergitas dan kerjasama yang baik dari seluruh elemen masyarakat untuk dapat memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan ini,” kata Bupati Darma Wijaya dalam keterangannya kepada awak media di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (29/4/2021).

Bupati Darma Wijaya yang didampingi Kadis Kominfo Drs H Akmal AP, M.Si mengingatkan bahwa kasus Covid-19 akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena kita kurang waspada dan mulai lalai dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). Sangat berbeda dengan tahun lalu, pada awal pandemi kita ketat terhadap prokes.

Lebih lanjut Bupati berpesan kepada seluruh Kepala Desa, apabila terdapat masyarakat yang ingin keluar daerah tentunya harus diketahui kemana tujuannya serta apa kepentingannya. Jika tak terlalu penting, hendaknya dapat melarang warganya untuk bepergian.

Sebagai bentuk keseriusan dalam penanganan pandemi Covid-19, khususnya dalam mempersempit jaringan penularannya, Bupati menekankan jika ada warga perantau asal Kabupaten Sergai yang nekat pulang, maka akan kita lakukan tindakan pemeriksaan dan akan dilakukan karantina.

“ Saya sudah perintahkan kepada seluruh kepala OPD dan Camat untuk ikut memantau desa-desa di mana setiap kecamatan di tanggungjawabi oleh dua OPD untuk memantau desa-desa yang ada di kecamatan tersebut,” kata Bupati dengan tegas.

Diakhir penyampaiannya, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan prokes dalam melakukan aktivitas sehari-hari sehingga penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan dan wabah pandemi segera berlalu.(Jai)