Bupati Sergai Berbelanja di Pasar Rakyat

SERGAIBupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya kembali menggalakkan program Gerakan Belanja Bersama Kebutuhan Bahan Pokok di Pasar Rakyat. Hal ini dilakukan dalam rangka menggerakkan perekonomian masyarakat terutama di bidang perdagangan.

Kegiatan yang digelar Jumat (02/07/2021) ini dipusatkan di 3 titik pasar yaitu Pasar Rakyat Perbaungan, Pasar Rakyat Bengkel dan Pasar Rakyat Tanjung Beringin.

Bupati dan Wakil Bupati Sergai tampak hadir serta meninjau langsung kegiatan Belanja Bersama di Pasar Rakyat Perbaungan sembari membeli beberapa barang kebutuhan pokok dan bercengkrama dengan para pedagang dan pembeli.

Bupati menyebut untuk mendukung gerakan ini, dirinya telah menginstruksikan kepada seluruh OPD agar mengerahkan para ASN untuk turun ke 3 lokasi pasar tradisional yang sudah ditentukan untuk berbelanja kebutuhan pokok.

“Harus kita akui, ASN merupakan salah satu kelompok profesi yang cenderung stabil secara ekonomi di tengah pandemi Covid-19 sehingga kemampuan atau daya beli ASN bisa dimanfaatkan untuk membantu menggerakkan ekonomi masyarakat, utamanya para pedagang pasar,” ucap Bupati.

Bupati kemudian menginformasikan jika ada ratusan ASN dari seluruh OPD yang turun berbelanja dengan rincian 315 orang di Pasar Perbaungan, 208 orang di Pasar Bengkel dan 258 orang di Pasar Tanjung Beringin sehingga total ASN yang ikut mendukung program ini mencapai sekitar 781 orang.

“Saya minta supaya kegiatan kita pada hari ini bukan sekadar belanja “ecek-ecek” saja, tapi para ASN memang benar-benar membeli kebutuhan pokok harian di pasar ini. Di sini banyak tersedia ikan, daging, sayur-mayur, beras dan lain sebagainya. Lengkap. Semuanya masih segar, harganya juga wajar. Mari kita bantu hidupkan perekonomian lokal dengan berbelanja di pasar tradisional,” ajak Bupati.

Bupati mengatakan, lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) berencana melakukan pembenahan pada beberapa aspek pasar seperti perbaikan drainase, pemasang paving block dan pemugaran beberapa bangunan yang ada di pasar.

“Kami berharap kedepannya pasar tradisional dapat tetap bertahan, diminati konsumen dan jadi sumber perekonomian yang memberdayakan masyarakat Sergai,” tutupnya.

Terpisah, Waki Bupati Adlin Tambunan mengatakan para pedagang pasar sedikit banyak tentu terdampak secara ekonomi akibat pandemi ini. Karena hal itulah dirinya dan Bupati berinisiatif menghimpun para ASN untuk proaktif melibatkan diri membantu meningkatkan kegiatan transaksi di pasar tradisional.

“Selain berbelanja, tadi saya dan Pak Bupati juga banyak berinteraksi dengan para pedagang dan pembeli. Banyak masukan dan saran yang kami peroleh, terutama dalam hal penataan pasar. Dengan turun langsung seperti ini, kami bisa mendengar aspirasi rakyat dan tentu akan menjadi referensi bagi kami dalam melakukan pembenahan kedepannya,” kata Adlin.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pasar Rakyat Perbaungan Sulaiman Pohan mengapresiasi kehadiran pimpinan daerah di pasar tradisional. Ia juga menuturkan, sempat berbincang-bincang dengan Bang Wiwiek, panggilan akrab Bupati, terkait drainase pasar yang saat ini masih perlu dibenahi.

“Aliran air pembuangan di pasar kurang berfungsi sehingga mengakibatkan adanya genangan dan becek. Untuk itu perlu dilakukan pembenahan supaya pedagang dan pembeli yang datang bisa lebih nyaman beraktivitas,” ucapnya.

Salah satu pedagang pasar, Zulkarnaen, menyampaikan rasa terima kasih atas pencanangan gerakan belanja kebutuhan pokok di pasar tradisional ini. Pria yang sudah 10 tahun menajajakan dagangan di pasar tradisional ini mengaku, dengan adanya program seperti ini, transaksi di pasar jadi semakin hidup.

“Alhamdullilah, dengan adanya kegiatan berbelanja di Pasar Rakyat ini, dagangan banyak yang terjual. Semoga kegiatan ini bisa dibuat rutin,” ucap pedagang.(Jai)