Bupati Karo Tinjau Jalan Desa Yang Rusak

JELAJAHNEWS.ID,KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama dengan nande-nande (sebutan ibu di bahasa tanah karo) meninjau lokasi jalan rusak. Jalan ini sebagai akses penghubung antara Desa Singa dengan Desa Kubu Simbelang. Dengan senang hati Bupati Karo Terkelin Brahmana mengikuti ajakan para nande-nande meninjau ke lokasi jalan rusak. Terkelin Brahmana tampak menikmati perjalanan menuju ke lokasi jalan rusak bersama para nande-nande dengan menggunakan mobil bak terbuka,Sabtu (14/03/2020) pagi.

Peninjauan jalan penghubung Desa Singa dan Desa Kubu Simbelang yang rusak, turut diikuti Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi, Kepala Dinas PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kepala Bidang Bina Marga Hendra Mitcon Purba, Kepala Bidang Bappeda Efanlit, dan Sekretaris Kecamatan Tiga panah Elisa Ginting beserta Kepala Desa Singa Abel Ginting dan Kepala Desa Kubu Simbelang Rahmat Ginting.

Ketua Runggun GBKP Desa Kubu Simbelang, Nomi br Tarigan bergembira dengan kesediaan Bupati Karo meninjau kondisi jalan di desa mereka. Lantas, mereka pun mengajak serta Terkelin Brahmana turut ke lokasi dengan menggunakan mobil bak terbuka.

“Kami nande-nande mengajaknya naik kendaraan untuk bersama-sama meninjau ke lokasi jalan yang rusak,” ungkap Naomi.
Kepala Desa Kubu Simbelang, Rahmat Ginting mengungkapkan jalan penghubung Desa Kubu Simbelang dengan Desa Singa sepanjangan 2,5 kilometer, terdapat dua titik kerusakan yang cukup parah.

Setelah melihat langsung kondisi jalan yang rusak, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengakui ada dua titik kerusakan di jalan penghubung Desa Singa dengan Desa Kubu Simbelang yang harus segera dilakukan perbaikan. Mengetahu hal itu, Bupati Karo mengintruksikan kepada Dinas PUPR Karo untuk memperbaiki jalan.

“Saat ini juga kita instruksikan Dinas PUPR agar untuk sementara timbun dulu dengan pasir dan batu,” kata Terkelin.

Proses penimbunan yang segera dilakukan itu, sebut Terkelin, sangat penting, mengingat masyarakat membutuhkan akses jalan tersebut untuk beraktivitas dan juga mengantar anak mereka ke sekolah.
Kepala Desa Kubu Simbelang dan Kepala Desa Singa akan menindaklanjuti saran Bupati Karo untuk perlebaran jalan antar desa tersebut.

“Kami sepakat bersama Kades Singa, kita akan lakukan pelebaran jalan ini. Menurut Bupati, harus ada pembebasan lahan. Ini tentu, dua desa ini akan berusaha untuk ke situ kedepannya,” ujar Kepala Desa Kubu Simbelang Rahmat Ginting.

Sementara Kepala Desa Singa Abel Ginting menyatakan, akan segera mengajak warga desanya untuk membahas pembebasan lahan untuk pelebaran jalan antar desa tersebut. “Sesuai saran Bupati, ke depan kami akan konsolidasi dan membahas pembebasan lahan dengan masyarakat kedua desa, sesuai kearifan lokal budaya Karo,” imbuhnya.

Merespons perintah Bupati Karo, Kepala Dinas PUPR Karo Edward Pontianus Sinulingga langsung mengerahkan tiga truk bermuatan pasir dan batu untuk menimbun jalan yang rusak. (Jai)