oleh

Bupati Karo Tinjau Jalan Amblas Sedalam 12 Meter

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi, Kadis PUPR Eduward Pontianus Sinulingga, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba dan Kepala Desa Rumka Apul Brahmana, langsung turun ke lokasi meninjau Jalan Lingkar Ring Road Rumka (Rumah Kabanjahe) yang longsor dan amblas sedalam 12 meter, Kamis (14/1/2021).

Dalam peninjauan, Terkelin Brahmana sempat berbincang bersama Kades Rumka, Bahwa Jalan Ring Road yang amblas itu akibat faktor curah hujan yang tinggi. Sehingga jalan terkikis dan terjadi longsor.

“Kita harus tetap sigap dan menangani langsung, agar tidak memakan korban saat ada pengguna jalan yang melintas. Ini perlu perhatian bagi OPD, untuk segera menampung anggaran perbaikannya,” ujar Bupati Karo.

Terkelin juga meminta kepada Kades Rumka agar mengingatkan warganya berhati hati. Begitu juga Dinas PUPR untuk segera membuat tanda atau rambu-rambu, bahwa jalan ini sedang rusak.

Kepala PUPR Eduward Pontianus Sinulingga mengakui, informasi amblas dan longsornya jalan tersebut dapat dari Kades Rumka. Kemudian langsung mengutus tim dari PUPR guna menghitung biaya perbaikannya.

“Sesuai instruksi Bapak Bupati Karo, agar jalan ini segera ditangani dan diperbaiki, tentunya akan segera direalisasikan, direncanakan, Maret 2021 pengerjaan perbaikan sudah dimulai,” sambungnya.

“Soal anggaran juga sudah kita tampung di APBD 2021. Dengan harga perkiraan sementara dalam pengerjaan pemasangan bronjong atau tembok pembatas penahanan sepanjang 15 meter dengan kedalaman lebih kurang 12 meter,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Rumka Apul Brahmana sangat berterimakasih kepada Bupati Karo yang begitu respon dalam menyikapi keluhan masyarakat. Kemudian ia harapkan perbaikan segera terlaksana. Sehingga warga tidak merasa resah dan takut terhadap situasi jalan. (Jai)

Berita Terkait