Bupati Karo Terkelin Brahmana Apresiasi Kerja Tahun Desa Ndeskati

JELAJAHNEWS.ID,KARO – Warga Desa Ndeskati di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menggelar Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih di Jambur Desa Ndeskati, pada Jumat (6/03/2020) malam. Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih ini merupakan tradisi dalam masyarakat suku Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi penyelenggaraan kerja tahun yang digelar masyarakat Desa Ndeskati, Kecamatan Naman Teran. Dikatakannya, kegiatan Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih merupakan budaya, kearifan lokal masyarakat Karo yang patut dilestarikan.

“Ini sebagai kehormatan bagi saya dapat hadir. Kerja Tahun ini merupakan suatu kegiatan yang patut kita lestarikan dari para leluhur kita secara temurun hingga sekarang wajib kita pelihara demi kelestarian budaya,” kata Terkelin.

Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih dihadiri anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu, Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Camat Naman Teran Dwikora Sitepu, dan Kabid DPMD Tomi Keliat.

Di kegiatan itu, Terkelin Brahmana merespons pesan dari Kelapa Desa Ndeskati, Rahmat Sitepu menyoal jalur evakuasi Gunung Sinabung yang kondisinya kini terlantar.

“Ke depan dalam waktu dekat ini saya bersama dinas terkait akan turun ke lapangan, terlebih di desa ini dan di sekitar lingkar Gunung Sinabung. Jadi sangat perlu jalan evakuasi,” ungkapnya.

Menanggapi sejumlah usulan, Terkelin menyatakan bersama anggota DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu akan mencarikan solusinya. “Apalagi ada anggota DPR RI bersama kita, maka semua usulan dapat dicarikan solusinya,” ujarnya.

Anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu mengakui dapat duduk di Gedung Senayan atas dukungan warga Desa Ndeskati dalam Pemilihan Legislatif lalu. Bob mengungkapkan, dari Desa Ndeskati ia memperoleh suara hingga 4.000-an.

“Kehadiran saya ini atas undangan panitia dan keluarga yang tinggal di Desa Ndeskati. Dan tidak terlepas Pemda Karo sebagai mitra Pemerintah Pusat ditambah bupatinya memiliki hubungan emosional sangat dekat dengan saya. Maka Pak Terkelin Brahmana saya ajak sama-sama hadir,” katanya.

Kepada warga Desa Ndeskati, Bob menjanjikan di tahun 2020 ini akan menggiring program Pemerintah Pusat ke Desa Ndeskati.

“Telah saya lobi dan akan disalurkan berupa program Bedah Rumah dari Kementerian PUPR sebanyak 30 unit rumah. Iya 30 unit khusus untuk Desa Ndeskati sekitar lingkar Gunung Sinabung saja. Sedangkan untuk se-Kabupaten Karo nantinya sudah ada 658 unit Bedah Rumah disiapkan, dan program ini akan berjalan tahun 2020 semuanya,” ungkapnya.

Kepala Desa Ndeskati Rahmat Sitepu berterima kasih atas kehadiran Bupati Karo Terkelin Brahmana, anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu dalam acara Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih.

“Seyogianya dulu kami melaksanakan pada bulan Oktober, namun kesepkatan masyarakat maka Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih dialihkan setiap bulan Maret. Kami atas masyarakat Desa Ndeskati sangat mengapreisasi dan berterimakasih setinggi-tingginya, desa kami di lingkar Gunung Sinabung masih ada perhatian Pemda Karo dan Pemerintah Pusat,” tuturnya.

Rahmat mengungkapkan program Bedah Rumah yang akan dilakukan Kementerian PUPR di Desa Ndeskati, akan membantu masyarakat desa. “Semua ini pasti ada proses dan campur tangan dari Bob Andika Mamana Sitepu sebagai anggota DPR RI. Sehingga Bedah Rumah yang akan dilaksanakan tahun 2020 ini, sangat membantu bagi kehidupan masyarakat Ndeskati. Harapan kami teruslah berbuat demi masyarakat Tanah Karo ke depan,” ujarnya.(Jai)