Bupati Karo Resmikan Griten Pulu Ganding dan Menjadikan Destinasi Wisata

JELAJAHNEWS.ID,KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Camat Simpang Empat Amsah Perang-angin dan Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, meresmikan Griten Pulu Ganding Pasinget Sitepu, Sabtu (7/3/2020) siang di berbagai kota Simpang Empat Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Disela sela kesibukan mengikuti kegiatan Hari Jadi kabupaten Karo ke 74, sejak pagi sudah digelar di taman mejuah juah, Bupati Karo Terkelin Brahmana meninggalkan Taman Mejuahjuah, menerima berbagai peristiwa yang sangat diharapkan masyarakat desa Pengemis, menurut bupati Karo.

“Tentunya kita harus bisa membagi waktu, Kendalikan, tapi kita harus hadir, agar masyarakat tidak kecewa hari ini,” kata Bupti, “ujar Terkelin.

Bupati mengapresiasi pembangunan Griten Pulu Ganding ini, karena merupakan salah satu ciri kebanggan kearifan lokal budaya Karo, yang sampai sekarang ini belum punah, dizaman digital ini masih bertahan.

“Kita harus berpikir global, namun bertindak lokal, jadikan Griten Pulu Gading menjadi Griten wisata, ikon ini bisa mengelola BUMDES, tinggal perangkat desa yang berkoordinasi dengan pemerintah,” tuturnya
Sementara itu, pihak keluarga menang Pulu Gading Pasinget Sitepu, menentang terimakasih atas keputusan bupati karo, yang dikeluarkan sibuk menghadiri hari jadi kabupaten Karo.

“Terimakasih atas kehadiran bapak Bupati walau sangat sibuk, namun masih bisa menyempatkan datang, kami keluarga Sitepu, bangga memiliki tokoh bupati yang peduli akan masyarakatnya, dan memiliki karakter dekat denga masyarakatnya,” ujar Sitepu.

Perlu diketahui, kata Tina br Sitepu pihak culu Pulu Gading Pasinget Sitepu, jelaskan sebelum Griten ini di renovasi, tahun 1926.

“Apa yang telah diperbesar dari cucu Sitepu, untuk Griten Pulu Ganding Pasinget Sitepu, bukan hanya milik Marga Sitepu saja, atau masyarakat desa Pengemis, akan tetapi Griten ini milik masyarakat Karo semuanya,” pungkasnya.

Dipenghujung acara, bupati Karo Terkelin, Brahmana, didampingi keluarga Marga Sitepu, Pulu, Ganding, melakukan pengguntian pita, dan memulai penandatanganan Griten Pulu Ganding di desa, Kecamatan Begang, Kecamatan Simpang Empat.(Jai)