Bupati Karo: Peranan TKSK Dibutuhkan Selesaikan Masalah Sosial

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Karo, Iswadi Purba meminta Pemkab Karo melibatkan mereka dalam melakukan pemetaan sosial berupa data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Penegasan ini dikemukakan Iswadi Purba saat bertemu dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kadis Sosial Benyamin Sukatendel, Jumat (9/10/2020) di halaman kantor Bupati Karo.

Menurut Iswadi, TKSK tahun ini sudah genap 11 tahun, tepatnya 5 oktober yang lalu pada HUT-nya yang mengusung tema “Sinergi Bersama Membangun Negeri, Terus Bergerak Hadirkan Solusi”.

“Melalui misi dan visi inilah kami TKSK ingin mengambil peran di setiap kecamatan, sebab kami hadir satu orang per kecamatan untuk pengentasan masalah dan dapat melakukan sinergi, integrasi, dan sinkronisasi dengan camat dan pemberdayaan masyarakat di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Selain itu, terjalinnya kerja sama dan sinergitas antara program penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan program-program pembangunan lainnya di tingkat kecamatan, tentu harus dimulai dari tingkat koordinasi dengan Pemkab Karo.

Menyahuti hal itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengucapkan selamat HUT ke 11 TKSK, walau tidak secara meriah dirayakan akibat pandemi Covid-19, tapi tidak mengurangi makna yang ada.

“Yang penting visi dan misi terus berjalan, dan Pemkab Karo mendukung penuh sesuai program dan peranan TKSK di tengah masyrakat. Jika perlu Lakukan kegiatan penyuluhan dan bimbingan sosial baik atas inisiatif sendiri maupun atas penugasan dari berbagai pihak,” ujarnya.

Dikatakannya, TKSK membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai dengan wilayah penugasan di kecamatan sehingga diharapkan tetap mewujudkan koordinasi serta meningkatkan peran serta masyarakat.

“Saya akan menginstruksikan para camat melalui dinas terkait agar TKSK dilibatkan dalam pemetaan jejaring kesejahteraan sosial agar apa yang dibutuhkan masyarakat dapat mengatasi pengentasan masalah saat hadirnya TKSK di setiap kecamatan,” pungkasnya.(Jai)