oleh

Bupati Karo Hadiri Rapat Tahunan Anggota Credit Union

JELAJAHNEWS.ID,KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana menghadiri acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) CU (Credit Union) tahun buku 2019 yang ke – 39 tahun, Sabtu (15/2/2020) siang dijambur Lige Kabanjahe.

Ketua umum CU Bahagia, Junias Tarigan mengatakan, anggota CU BAHAGIA  berjumlah 9 ribu lebih, khusus beragama Katolik yang tersebar diberbagai kecamatan Kab. Karo adalah umat yang sadar bahwa uang yang dipinjam dari CU adalah uang bersama.

“Anggota lain juga membutuhkan pinjaman seperti kita. Hanya dengan mengangsur dan melunaskan pinjamanlah perputaran uang bersama kita ini tidak terganggu,”ujarnya.

Dengan mengangkat tema: “CU BAHAGIA Menuju Handal, Terpercaya dan Profesional“. Tema ini sengaja kita angkat dalam RAT tahun ini mengingat berkat perjuangan bersama yang saling bergandengan tangan dalam suasana yang rukun, dapat menciptakan suasana yang mendukung menuju kesejahteraan yang lebih mumpung.

Perlu diketahui, bahwa CU BAHAGIA ditahun 2017 ditingkat Propinsi Sumatera Utara masuk kategori terbaik, dan ditahun 2018, tahun 2019 CU BAHAGIA ditingkat Kab. Karo, CU terbaik diantara CU yang ada di wilayah Kab. Karo.

“CU BAHAGIA memiliki kelebihan dimana sudah mempunyai aplikasi dan buku tabungan seperti bank,”.kata Junias disambut aplaus para anggota CU. Untuk itu, harapan kami CU BAHAGIA mohon dukungan bupati Karo, agar CU BAHAGIA dapat tampil Go Nasional, bukan tingkat propinsi dan kabupaten saja, namun CU BAHAGIA, bisa tampil ke iIstana negara menerima penghargaan, sesuai motto CU BAHAGIA “Bangkit Iman, Bangkit Ekonomi.

Dan satu lagi, CU BAHAGIA kedepan akan melakukan studi banding dalam meningkatkan pelayanan sebagai perbandingan harus ke tingkat Nasional. Nah untuk itu kehadiran  DPRD Karo dan bupati Karo, supaya dapat  merencanakan menampung anggaran CU BAHAGIA, guna kebutuhan mendukung studi banding,”ujar Junias.

Sementara itu Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH mengemukakan apa yang dilakukan selama ini oleh CU BAHAGIA, suatu kebanggaan bagi pemerintah kabupaten  Karo, sebab dengan keunggulan yang dimiliki oleh CU BAHAGIA adalah mengharumkan nama Tanah Karo, patut diapresiasi masuk terbaik kejenjang Tingkat Propinsi.

“Manajemen pengelolaan CU BAHAGIA, merupakan modal mengantarkan ketingkat Propinsi, untuk itu kami Pemda Karo sangat mendukung jika CU BAHAGIA, ingin tampil ke kancah Nasional, apa yang dibutuhkan dari pemda kami akan dukung,” kata Terkelin.

Hal ini tentu tidak dapat diraih jika hanya berpangku tangan. Tetap dituntut untuk siaga, menyingsingkan lengan, memelihara kerja sama yang baik, dan dengan sungguh-sungguh. “Hanya dengan cara yang maksimal seperti itulah yang dapat menjawab dan mempertahankan penghargaan yang telah kita raih,”ujarnya.

Ada Slogan “Pro Ecclesia et Patria” yang berarti untuk Gereja dan untuk negara harus kita pegang teguh sebagai warga Negara yang baik juga sebagai warga Gereja Katolik yang benar. Ucap Terkelin

Sementara ketua DPRD Karo melalui Pujiati Br Ginting menyampiakan CU BAHAGIA bagian Umat Katolik tetap merupakan basis pergerakan dan pelayanan CU BAHAGIA, kita pertahankan seraya meningkatkan kesadaran akan pentingnya gerak bersama dengan memelihara kekompakan dalam memerangi kemiskinan laten yang umumnya diakibatkan tertutupnya pintu solidaritas diantara sesama umat.

Lanjutnya, apa yang disampaikan pihak panitia tadi, agar menampung anggaran Studi banding, pada prinsipnya DPRD Karo bersama pihak Pemda Karo pasti mendukung. “Sepanjang kita ikuti mekanisme dan alur sistem anggaran, pasti kita akan bantu dan dorong agar bisa diakomodir,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi, Adison Sebayang menyatakan CU BAHAGIA selama yang diketahui sangat tertib adminitrasi, hal ini diketahui ketika dinas koperasi diminta untuk mengaudit, hasilnya sungguh memuaskan.

Lanjut Adison, untuk kedepan agar CU (Credit Union)  dalam melaksanakan RAT agar lebih awal setiap tahun, hal ini juga sebagai penilaian pihak kementerian koperasi dan usaha kecil sesuai peraturan no 11 tahun 2018 bahwa menegaskan, agar CU seluruh Indonesia melaksanakan RAT paling lama setia tahun bulan Maret, namun alangkah baiknya bulan Januari awal tahun.“Ini suatu penilaian menerima penghargaan,”ujarnya.

Dipenghujung acara pihak panitia CU BAHAGIA memberikan kesempatan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, bersama anggota DPRD Karo Pujiati Ginting dan Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana menyerahkan bingkisan kepada anak sekolah SD yang juara 1,2 dan 3 yang berprestasi di setiap sekolahnya.(Jai)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •