Bupati Karo Hadiri Rakor Bansos PPKM 2021

KAROBupati Karo Cory Seriwaty Sebayang menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual bersama para Walikota dan Bupati se Sumatera Utara, di Aula T.Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Selasa (27/07/2021) .

Rakor yang dipimpin langsung Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara khusus membahas terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat selama PPKM diberlakukan dengan jumlah total bantuan senilai Rp 55,1 triliun.

Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang mengatakan, penyaluran bantuan PPKM untuk masyarakat terus dilakukan, bantuan yang berasal dari Pemerintah Pusat untuk daerah yang ditetapkan kedalam PPKM.

Sesuai arahan bapak Gubernur, bantuan-bantuan dari pemerintah harus benar-benar dikawal dengan ketat, jangan sampai ada penyelewengan di lapangan.

“Kami akan libatkan Forkopimda untuk memastikan penyaluran bantuan berjalan dengan baik, tepat sasaran sampai kepada keluarga penerima manfaat (KPM), Dia juga menyebutkan, sebelumnya pihaknya secara simbolis serahkan bantuan beras PPKM tahun 2021 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia di Kantor Pos, Jalan Veteran Kabanjahe, Senin (26/7/2021).

Untuk wilayah Kabupaten Karo jumlah penerima sebanyak 26.723 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dengan rincian kategori Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 12.173 keluarga dan kategori Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 14.550 keluarga, dengan masing-masing KPM mendapat 10 Kg beras.

Gubsu juga menyampaikan bahwa hal ini adalah Instruksi dari pemerintah pusat, jadi sebagai Gubernur Sumatera Utara, saya diberikan tugas untuk memastikan bahwa Bupati dan Walikota terkhusus yang berada di level 3 dan 4 agar menerapkan PPKM ini dengan ketat dan disiplin.

“Untuk Level 3 saat ini ada 22 Kabupaten/Kota, dan untuk level 4 yakni Kota Medan. Kerahkan tim semaksimal mungkin untuk membatasi mobilisasi masyarakat, khususnya dari dan yang ke Kota Medan yang merupakan lokasi penularan COVID-19 tertinggi di Sumut,” jelasnya.

Gubsu yang didampingi Bupati Karo Cory S Sebayang dan Walikota Medan Bobby Nasution mengatakan, yang ingin saya tegaskan agar bantuan-bantuan dari pemerintah harus benar-benar dikawal dengan ketat, jangan sampai ada penyelewengan di lapangan, libatkan seluruh Forkopimda di masing-masing daerah untuk memastikan penyaluran bantuan berjalan dengan baik.

Dan selanjutnya pemerintah akan menambah bantuan kartu sembako untuk PPKM level 4. Dimana ada 5,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang merupakan usulan pemerintah daerah dengan besaran Rp200 ribu perbulan selama enam bulan serta kuota subsidi internet selama 5 bulan dari mulai Agustus sampai Desember 2021 yang nilainya mencapai Rp5,54 triliun.

Lalu bantuan subsidi upah untuk para pekerja, dan bantuan dana stimulus untuk pelaku UMKM. Diharapkan kepada semua Bupati/Walikota SE Sumatera Utara, mari kita jaga amanah yang besar ini, bekerja untuk kemanusiaan, kawal ketat dan pastikan bantuan ini sampai kepada yang berhak dan tepat waktu.(Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *