Bupati Karo Hadiri Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Pemkab Karo bersama TNI/Polri, Tagana, Manggala Agni Daops Sibolangit, menggelar apel kesiap siagaan penanggulangan bencana tahun 2021, di halaman Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Jumat (5/3/2021).

Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan Danup (Komandan Upacara) dari Kasat Sabahara Polres Tanah Karo Ajun Komisaris Polisi Enda.

Terlihat hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono , Kajari Karo, Dansubdenpom I/2-1 Kapten Cpm Dwi Darsono, Asisten II Dapat Kita Sinulingga, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Plt BPDB Natanail Peranginangin.

Bupati Karo dalam sambutannya yang dibacakan Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto menyebutkan, kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini sebagai tindaklanjut Instruksi Presiden RI Jokowi. Jokowi menyampaikan instruksi itu saat pembukaan rapat koordinasi penanggulangan bencana nasional tahun 2021 secara virtual, Rabu (3/3/2021).

“Pemkab Karo dengan segala kekuatan yang ada, melakukan apel kesiapsiagan penanggulangan bencana. Karena melihat secara nyata, bahwa kesiapan personel yang terlibat dalam penanganan bencana, kondisinya masih siap digerakkan,” katanya.

Artinya sewaktu-waktu ada bencana alam yang mengancam, personel beserta kelengkapan yang ada masih tangguh dan layak.

Di sisi lain, tambah Eko, Tanah Karo saat ini sedang mengalami pancaroba memasuki musim kemarau. Maka imbauan untuk masyarakat adalah, agar berhati-hati jangan sembarangan membakar rumput di ladang. Karena bisa yang menyebabkan timbulnya api akibat musim kemarau.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana itu berjalan dengan lancar dan aman. Para personel dan alat kelengkapan sarana dan prasarana semua masih lengkap.

Berkaitan dengan itu, Terkelin mengajak semua pihak untuk menyatukan tekad menghadapi bencana di daerah itu. Termasuk bencana non-alam yang sedang melanda, yakni Pandemi Covid-19. Tetap jaga kesehatan dan stamina dalam menjaga keselamatan diri, jangan lupa tetap patuhi Prokes.(Jai)