Bupati Karo Dukung Pilkada Damai

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengingatkan kepada Paslon Bupati/Wakil Bupati Karo agar penandatanganan fakta integritas dan deklarasi kampanye damai jangan hanya sekadar slogan. Tapi harus terwujud dan nyata melalui perilaku, terutama komunikasi politik dalam ruang-ruang publik.

“Kelima Paslon peserta Pilkada Karo 2020, hendaknya membangun narasi-narasi yang menyejukkan, argumentasi logis. Memberi edukasi serta menawarkan program kepada rakyat. Mari hindari hal-hal yang berpotensi menimbulkan gesekan sosial pada akar rumput,” tegas Bupati Karo.

Penegasan itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH usai menghadiri rapat pleno terbuka pengundian nomor urut Paslon Bupati/Wakil Bupati Karo. Sekaligus penandatanganan deklarasi kampanye damai dan pakta integritas paslon peserta Pilkada. Acara berlangsung, Kamis (24/9/2020), bertempat di Aula Hotel Sinabung Internasional Berastagi.

Lebih Lanjut Bupati Karo menyampaikan, mengingat terselenggaranya Pilkada pada saat Pandemi Covid-19, tentu faktor keselamatan dan kesehatan masyarakat menjadi faktor paling penting dalam perhelatan demokrasi tersebut.

Untuk itu, Bupati Karo berharap kepada seluruh pemangku kepentingan untuk tetap mengutamakan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada 2020.

Syarat utama dari suksesnya Pilkada damai ini, sambung Terkelin, seluruh komponen masyarakat harus memiliki komitmen moral dan moralitas yang sama. Termasuk dalam menciptakan suasana damai dalam Pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Karo Gemar Tarigan ST mengatakan, deklarasi yang oleh lima paslon itu sebagai upaya untuk mewujudkan Pilkada damai, aman, dan sejuk, dalam merebut hati rakyat.

“Pasangan calon harus bisa menampilkan adu gagasan, adu ide. Nukan adu hoaks. Sebab kita semua disini masih ada ikatan hubungan kekeluargaan dan kekrabatan. Sesuai semangat kearifan lokal ‘Merga Silima’ yang begitu kuat. Jadi kita deklarasi kampanye damai,” harap Gemar Tarigan. (Jai)