oleh

Bupati Karo Dukung Gerakan Sapo Literasi

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mendukung Gerakan Sapo Literasi FPPPK (Forum Pemuda Peduli Pendidikan Karo), untuk meningkatkan minat masyarakat membaca dan menulis. Sekaligus mengedukasi masyarakat khususnya putera puteri Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengungkapkan hal itu bersama Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, saat menerima audiensi Ketua FPPPK Atmaja P Sembiring SPd, Rabu (4/11/2020), di kantor Bupati Karo, Kabanjahe.

Menurut penelitian UNESCO, katanya, minat baca warga Indoensia masih minim. Dalam setahun hanya 12 lembar membaca buku. Sehingga hitungannya dalam 1 tahun 12 bulan hanya sekali membaca buku. Ironisnya bukan buku pengetahuan yang dibaca dan dilihat. Tapi buku tabungan dan ini tidak pantas untuk jadi tiruan.

“Filosofi ini harus diubah, sehingga gerakan yang dibuat oleh FPPPK mendirikan Sapo Literasi sangat tepat sasaran, dalam menumbuhkembangkan kembali minat masyarakat. Sebab buku bacaan adalah jendela dunia dalam mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan,” tandasnya.

Menyikapi hal itu, tentu butuh dukungan dan kolaborasi. Sehingga diharapkan kepada Dinas Pendidikan dan Perpustakaan Karo bekerja sama dalam memajukan budaya membaca dan menulis.

Sementara itu, Ketua FPPPK meminta kepada Bupati Karo mendukung gerakan literasi berupa kemampuan membaca dan menulis. Guna mendongkrak minat membaca. Karena pihaknya telah membangun tempat khusus literasi yang mereka beri nama Sapo Literasi.

Lebih lanjut Atmaja menyampaikan, Sapo Literasi itu dapat berkembang dan berfungsi jika Pemkab Karo mendukung gerakan tersebut. Yakni sebagai wadah atau tempat untuk mengasah dan menggali kemapuan berkomunikasi, membaca, menyimak, dan menulis bagi masyarakat.

“Kedatangan kami juga sekaligus mengundang Bapak Bupati untuk hadir, pada Senin (9/11/2020). Dalam kegiatan ‘Bedah Buku Jamin Ginting Pahlawan Nasional Tanah Karo’,” ujarnya. (Jai)

Berita Terkait