oleh

Bobby Nasution Pulangkan Warga Aceh Bermukim di Jembatan Kota Medan

MEDAN – Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung meminta Dinas Sosial untuk menangani warga asal Aceh yang mengaku sudah tiga tahun tinggal di bawah jembatan Kota Medan. Dan juga akan memfasilitasi keinginan warga tersebut untuk pulang ke kampung halamannya.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan Bobby Nasution melakukan kunjungan sekaligus meninjau warga asal Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh di Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Medan, Komplek Griya Pinang Mas Blok C No.1 Medan Sunggal, Senin (2/8/2021) Malam.

Saat tiba di lokasi sekitar pukul 22:00 Wib, Bobby Nasution dengan masih mengenakan seragam dinas lengkap langsung menyapa warga asal Aceh di kamarnya. Wali Kota didampingi Kadis Sosial Endar Sutan Lubis dan Camat Medan Sunggal Indra Mulia juga berinteraksi dengan warga dan warga tersebut mengaku senang mendapatkan perhatian dari Pemko Medan.

Dikatakan Wali Kota Medan, Pemko Medan telah memfasilitasi warga yang tinggal di bawah jembatan dan bakal memulangkan mereka ke kampung halamannya, di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Saat ini mereka ditampung sementara di Rumah Singgah dan direncanakan besok akan dipulangkan.

“Dinas Sosial Medan telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bireuen terkait dengan warga yang tinggal di bawah jembatan. Besok rencananya akan kita kembalikan ke daerah asalnya,” kata Bobby.

Bobby Nasution menjelaskan informasi adanya warga yang tinggal di bawah jembatan diperoleh dari Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah yang saat itu sedang berkeliling di seputaran Kota Medan membagikan sembako untuk warga. Begitu mendengar informasi tersebut Bobby Nasution langsung menginstruksikan Dinas Sosial untuk menangani warga asal Aceh tersebut.

“Kemarin saya dihubungi Wakil Gubernur setelah beliau meninjau langsung ke lapangan. Begitu mendengar informasi saya langsung meminta Dinas Sosial menanganinya. Memang ada warga yang tinggal di Kota Medan tapi tinggal di bawah jembatan. Setelah di cek warga asal Aceh tersebut di bawa ke rumah singgah,” jelas Bobby Nasution.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Medan Endar Sutan Lubis mengatakan, begitu mendapat instruksi Wali Kota Medan pihaknya langsung mengecek ke lokasi dan membawa warga tersebut ke Rumah Singgah. Terkait dengan permintaan warga asal Aceh untuk dipulangkan ke daerah asalnya, Endar mengaku pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bireuen.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bireuen terkait dengan pemulangan warga tersebut. pihaknya sudah melacak warganya dan sudah ditemukan lokasinya di Desa Matang, Kecamatan Samalanga, Bireuen. Mereka juga siap membantu untuk pemulangan,” ujarnya.(JN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait