Bertambah, Korban Covid-19 Berstatus Guru Meninggal di Toba

TOBA – Bertambah, warga Toba diduga terpapar virus corona Covid-19 meninggal dunia dan dikebumikan sesuai protokoler kesehatan di dusun Pandumaan, Desa Batu Manumppak, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba, Jumat (18/9/2020).

Polres Toba melalui Kasubbag Humas Aiptu Khairudin Sukri Yanto menjelaskan pasien berinisial ES (39) diduga meninggal dunia terindikasi Covid-19.

“Laporan tersebut berasal dari kepala Desa Batu Manumppak yang menyebut pasien atas nama E br S (39) tenaga guru honor daerah di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Dusun Pandumaan, warga Dusun Pandumaan Desa Batu Manumpak,Kecamatan Nassau Kabupaten Toba, sudah meninggal dunia,” ungkap Humas.

Di bawah pengamanan pihak Polsek Habinsaran, pelaksanaan penguburan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang di pimpin langsung ketua bidang pelaksana tugas dr. Fransiska Marpaung.
Sebelum pemakaman, petugas yang berwenang dilengkapi alaf pelindung diri sesuai dengan Protokol Kesehatan.Pemakanan korban dilakukan dengan aturan kesehatan, masyarakat sekitar dan anggota keluarga dengan suasana dalam duka cita rela menerima kejadian ini.

“Dalam pelaksanaan prosesi pemaksman, sebelum diberangkatkan ke lokasi pemakaman, peti jenazah terlebih dahulu di semprot desinfektan,”demikian humas menuturkan.

Pada kesempatan yang sama, muspika setempat menghimbau semua pihak keluarga yang ada di dalam rumah bersama pasien (kontak langsung) sebelumnya akan di karantina (isolasi) menggunakan biaya Desa dari Dana Desa khusus Covid 19 guna mengantisipasi agar tidak terjadi penyebaran viruscorona covid-19.

Hadir dalam proses pemakaman, Camat Nassau T. Sipahutar,mewakili Kapolsek Habinsaran Kanit Reskrim IPTU H. Rajagukguk, mewakili Dan Ramil 15/HBS Serda Yayat, Ketua pelaksana kegiatan yang juga Kepala Puskesmas Nassau dr Fransiska Marpaung didampingi Staff, Kades Nassau Duri Albert Simangunsong, Tokoh Agama dari dusun Pandumaan serta keluarga dan kerabat almarhum.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Siti Nuraya Sirait saat dikonfirmasi membenarkan pasien E br S dari hasil pemeriksaan Swab RT-PCR Covid 19 di RSU Adam Malik Medan dinyatakan Positif yang hasilnya keluar pada 11 September 2020 ujar Siti Nurbaya Sirait, Jumat (18/09/2020).

“Pihak keluarga dan terkontak langsung sudah kita edukasi untuk isolasi mandiri. Petugas sedang melakukan Conract Tracing di dusun tersebut demi mengetahui sebaran virus,”tutupnya. (red)