oleh

Berikut Cara Melaporkan Website/Situs Berkonten Negatif

JELAJAHNEWS.ID – Perkembangan Dunia digital (internet) membuat kebebasan mengakses informasi menjadi elemen yang sangat penting. Disamping dapat berkomentar, siapapun dapat menulis artikel dan memberi opininya dengan mudah.

Namun ibarat dua sisi mata pisau , hal ini dapat memberikan efek positif juga efek negatif jika disalahgunakan, dan minim pengawasan dari pihak terkait.

Efek positif dari perkembangan internet, kita dapat mencari informasi dengan mudah tentang apa saja yang ingin kita inginkan. Bahkan beragam informasi yang belum pernah kita tahu, bisa dengan mudah kita ketahui.

Selain berdampak positif, internet juga memiliki dampak negatif jika disalahgunakan, seperti menyebarkan konton hoaks, SARA/kebencian, Kekerasan , Pornografi , penipuan dagang/investasi , perjudian, virus / walware , pelanggaran hak cipta, dan lainnya.

Website/situs berkonten negatif ini dapat menimbulkan pertengkaran dan memicu permasalahan yang lebih besar. Oleh karena itu perlu peran aktif dari masyarakat atau kita sebagai pengguna internet, menjaga agar dunia digital atau internet menjadi tempat yang aman dan terbebas dari berbagai konten negatif (internet positif).

Jika anda menemukan sebuah website/situs berkonten negatif seperti penjabaran diatas , kita dapat melaporkannya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (kominfo). dengan dua cara yaitu

Melaporkan Situs Berkonten Negatif

1. Mengirim Email ke Kominfo
Anda dapat melaporkan situ bermuatan konten negarif dengan cara mengirim email langsung ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id . Laporan akan lebih efektif bila mencantumkan link, serta sejumlah bukti data secara terperinci yang benar-benar menjadi keberatan pelapor dan diperkirakan berdampak buruk bagi kepentingan publik. Data bisa berupa rekaman tampilan layar (screenshot) atau keterangan yang padat dan jelas.

2. Melalui Website
Anda juga dapat mengunjungi situs milik kominfo khusus untuk pengaduan atau internet positif. berikut linknya http://trustpositif.kominfo.go.id . Sudah tersedia beberapa field/kolom yang mempermudah anda melaporkan website bermuatan negatif. (JN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.