oleh

Berikan Jaminan Sosial, Bupati Tapsel Sampaikan Dukungan Program BPJS Ketenagakerjaan

TAPSELBupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, menyampaikan dukungannya terhadap program Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dalam memberikan jaminan sosial kepada tenaga kerja.

Hal ini disampaikan Bupati usai menghadiri sosialisasi surat edaran Gubernur Sumut, No : 560/7095/2021 terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan di Sumut secara zoom meeting bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Aula Hotel Mega Permata, Kota Padangsidimpuan, Senin (23/8/2021)

Sosialisasi yang digelar BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan itu sebagai tindaklanjut dari Instruksi Presiden RI No : 2/2021 tentang optimalisasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan, program yang akan disosialisasikan itu, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Di mana, dengan adanya program itu, maka akan tercipta gotong-royong dan tolong-menolong antara yang kuat untuk membantu yang lemah, yang sehat membantu yang sakit dan yang lapang membantu yang sempit, termasuk yang kaya membantu yang miskin.

Dan yang hidup, bisa memberi manfaat ketika nanti telah berpulang ke Yang Maha Kuasa. Bupati menyebut, bahwa sejak 2007 hingga sebelum mencalon anggota DPRD Tapsel, dirinya sudah berkecimpung di dunia asuransi seperti halnya BPJS Ketenagakerjaan. Bedanya, kata Bupati, jika BPJS Ketenagakerjaan berada di jalur pemerintahan, sedangkan dirinya di asuransi swasta.

“2007 hingga 2017 kurang lebih, saya jadi salah satu agen asuransi, dalam memberikan jaminan kesehatan, kematian, hari tua, pendidikan, bagi klien-klien atau nasabah saya,” ujar Bupati.

Bupati melihat, dengan adanya asuransi, satu keluarga bisa tertolong karena adanya jaminan, jika tulang punggung keluarga telah meninggal. Dan bagi masyarakat kecil, dirinya juga melihat betapa mereka memiliki harapan dengan bergabung di dalam asurasi agar anaknya nanti bisa mendapat pendidikan yang layak.

“Jadi pada dasarnya, saya sangat mendukung (program jaminan sosial ketenagakerjaan di Sumut), bahkan saya mendorong agar setiap pencari nafkah, pekerja, ASN dan Non ASN agar mempersiapkan semua kemungkinan termasuk bila terkena musibah. Karena saya sudah melihat betapa banyak manfaat dari asuransi jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut,” tambahnya.

Sebagai orang yang sudah berkecimpung di dunia asuransi, Bupati terkhusus Pemkab Tapsel akan bertanggungjawab terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan masyarakatnya. Mudah-mudahan, program ini dapat membawa manfaat bagi semua masyarakat.

Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya untuk menyosialisasikan dan mengajak masyarakat agar bisa bergabung di dalam BPJS Ketenagakerjaan maupun Kesehatan. Kepada segenap yang hadir, Bupati mengimbau sekali lagi agar dapat mempersiapkan masa tuanya, kesehatannya, kelapangannya, ekonominya, dan ketika kematiannya, bagi ahli waris dan penerima manfaat jaminan sosial dan ketenagakerjaan kelak.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak, mudah-mudahan sinergi ini tetap bisa berjalan dengan baik dan masyarakat yang dapat teredukasi seluas-luasnya hingga akhirnya ikut bergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan,” tandas Bupati.

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Muhammad Syahrul mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Daerah yang telah hadir pada kegiatan sosialisasi Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara. Kegiatan ini dilakukan secara serentak se Provinsi Sumut, melalui virtual meeting.

Selain itu dapat disampaikan bahwa yang kepala daerah/perwakilan yang mengikuti langsung sosialisasi yang digelar BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan antara lain, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapsel, dan Paluta.

Sedangkan tujuan kegiatan itu, kata Syahrul, adalah untuk memberikan pemahaman yang seragam kepada seluruh pihak dalam hal pengimplementasian Surat Edaran Gubernur guna meningkatkan pelaksanaan jaminan sosial Ketenagakerjaan di Provinsi Sumut, khususnya di wilayah kerja Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan.

Kegiatan itu dirangkai dengan penyerahan secara simbolis klaim jaminan sosial. Adapun ahli waris penerima klaim jaminan sosial dari BPJS Cabang Padangsidimpuan antara lain, Yurni Bakti sebesar Rp50 juta lebih. Kemudian, Zulham Fuad Tanjung, terima klaim sebesar Rp43 juta lebih. Lalu, Dermawan, terima klaim sebesar Rp42 juta lebih. Dan terakhir, Maryetti Sagala terima klaim sebesar Rp133 juta lebih.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, mewakili Bupati Paluta, Asisten I, Kadis Ketenagakerjaan Tapsel Arman Pasaribu, Kadis PMPTSP Tapsel Sofyan Adil, Ka UPT Wasnaker Wilayah V, Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, dan Ketua Bawaslu. (Irul Daulay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait