oleh

Banyak Ngopi Mampu Turunkan Resiko Kanker Prostat?

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Kopi merupakan salah satu minuman yang memancing banyak pro dan kontra bagi kesehatan. Sebab, kopi memiliki sejumlah dampak sehat, namun juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Penelitian terbaru mengungkapkan, ternyata kopi menyimpan satu manfaat kesehatan lainnya. Dilansir dari Medical Xpress, konsumsi beberapa gelas kopi setiap hari bisa menurunkan risiko kanker prostat. Tambahan tiap gelas kopi setiap hari diketahui bisa menurunkan risiko hingga satu persen. Temuan ini tentu penting mengingat kanker prostat merupakan jenis kanker kedua paling umum yang terjadi.

Selama ini kopi diketahui memiliki dampak yang menurunkan risiko kanker hati, perut, dan payudara. Walau begitu, baru pada temuan terbaru ini diketahui dampak kopi pada kanker prostat. Data penelitian ini dikumpulkan dari sejumlah riset sebelumnya mengenai kanker prostat. Hal ini kemudian dihubungkan dengan tingkat konsumsi kopi.

Data penelitian didapatkan dari satu juta lebih pria dengan 57.723 di antaranya mengalami kanker prostat. Berdasar data tersebut diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi kopi dalam jumlah besar yaitu antara dua hingga sembilan gelas setiap hari mengalami penurunan risiko hingga sembilan persen. Setiap penambahan segelas kopi juga menurunkan risiko sebesar satu persen.

Masih dibutuhkan penelitian lanjutan terkait hal ini terutama karena banyaknya jenis kopi dan beragamnya cara penyeduhan. Penelitian ini juga memiliki desain dan metode yang beragam sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Terdapat penjelasan ilmiah mengapa kopi bisa bermanfaat terhadap risiko kanker prostat. Kopi diketahui bisa meningkatkan metabolisme glukosa, memiliki kandungan anti peradangan dan efek antioksidan, serta mempengaruhi tingkat hormon seksual. Semua hal terseut bisa mempengaruhi perkembangan dari kanker prostat.

Dari penelitian lanjutan yang akan dilakukan, kemudian dapat dilihat bagaimana sebenarnya pengaruh kopi ini terhadap pria. Jika memang dampaknya konsisten positif, maka perlu disarankan bagi pria untuk meningkatkan jumlah konsumsi kopi untuk menekan risiko kanker prostat. (mdc)

Berita Terkait