oleh

Bantu Ketersediaan Darah, Warga Medan Diharapkan Donor Darah

MEDAN – Pemko Medan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan donor darah yang digelar RSUD dr Pirngadi. Diharapkan selain dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, kegiatan ini juga dapat membantu ketersediaan darah untuk rumah sakit dr Pirngadi sehingga nantinya dapat berguna bagi masyarakat khususnya pasien yang membutuhkan darah.

Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Sekda Wiriya Alrahman ketika menghadiri kegiatan Donor Darah di RSUD dr Pirngadi Medan, Rabu (23/6). Kegiatan sosial ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Donor Darah sedunia dan HUT Kota Medan ke -431 tanggal 1 Juli 2021 mendatang.

Dikatakan Sekda, rumah sakit dan PMI sering kekurangan darah, terutama golongan darah yang langka dan susah ditemukan. Guna mengatasinya pihak keluarga pasien tidak jarang harus berupaya secara mandiri demi mendapatkan darah tersebut.

“Atas nama Pemko Medan saya menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya kegiatan donor darah ini. Tentunya ini merupakan wujud kepedulian sosial kita untuk membantu sesama. Diharapkan darah yang diperoleh dalam kegiatan donor darah ini dapat membantu ketersediaan darah bagi mereka yang membutuhkan,” kata Sekda dihadapan Dirut RSUD dr Pirngadi Dr Suryadi Panjaitan, Plt Kadis Kesehatan dr Syamsul Nasution dan Para Wakil Direktur RSUD dr Pirngadi Medan

Kepada para pendonor, Sekda mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan bersedianya mendonor darahnya. Selain dapat bermanfaat bagi sesama, donor darah juga berguna bagi kesehatan dan memberikan dampak positif bagi tubuh pendonor. “Ditengah Pandemi Covid-19 ini, saya minta sebelum mendonorkan darah, RSUD dr Pirngadi dapat melakukan Swab Antigen terhadap pendonor. Hal ini guna memastikan pendonor tidak terpapar virus Covid-19. Selain itu ini juga dapat menjadi sarana kita untuk mentracing masyarakat kota Medan,” jelas Sekda.

Sekda juga menjelaskan, Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution terus berkomitmen meningkatkan pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan termasuk RSUD dr Pirngadi. Perbaikan pelayanan ini dilakukan guna masyarakat benar-benar merasakan pelayanan kesehatan terbaik dari rumah sakit pemerintah Kota.

Sebelumnya Dirut RSUD dr Pirngadi Suryadi Panjaitan mengungkapkan Kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Donor Darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2021. Selain itu juga dalam rangka menyambut HUT Kota Medan ke-431 pada 1 Juli 2021 mendatang. Tentunya kegiatan melibatkan 130 orang dari Kodim 0201/BS, Pemko Medan dan dari RSUD dr Pirngadi.

“Kebutuhan darah di rumah sakit dr Pirngadi sangat tinggi. Selain untuk kebutuhan pasien operasi, darah juga dibutuhkan bagi pasien yang menjalani cuci darah. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat mengefisienkan anggaran untuk mendapatkan darah dari PMI,” jelasnya.(Jai)

Berita Terkait