Balai Karantina Pertanian Hadirkan Layanan Mobil ‘Serli’ Bagi Masyarakat

JELAJAHNEWS.ID – Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Itjen Kementan), Jan Samuel Maringka resmikan mobil Serli di Kantor Balai Karantina Pertanian Medan Jalan Dusun Lestari, Kecamatan Beringin, Deli Serdang, Sabtu (17/9/2022).

Itjen Kementan juga mengapresiasi Kepala Karantina Pertanian Medan, Lenny Hartati Harahap. Pasalnya Lenny menciptakan Inovasi mobil Sertifikat Keliling (Serli) yang akan membantu masyarakat dalam pelayanan prima terkait sertifikasi dokumen Karantina.

“Saya apresiasi Bu Lenny. Ini luar biasa. Inovasi seperti ini yang ditunggu-tunggu masyarakat,” kata Jan Maringka.

Hadirnya Serli, kata Jan, suatu bentuk kreativitas dimana kendaraan operasional dioptimalkan tidak hanya untuk mendukung kegiatan perkantoran saja tetapi juga memberikan dukungan untuk kegiatan layanan masyarakat.

Mobil ini diberi nama Serli yang berarti sertifikasi keliling, sehingga nantinya pelayanan yang terkait dengan kegiatan karantina dapat berjalan lebih cepat dan langsung ke tempat-tempat tertentu.

“Kita berharap ini adalah Serli pertama dan nantinya akan ada pembagian wilayah berkaitan dengan kegiatan usaha baik UKM maupun komersil lainnya,” kata Jan Maringka.

Mobil Serli ini adalah salah satu bentuk nyata program Kementan yaitu Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) sehingga baik tumbuhan maupun hewan yang akan dikirim atapun yang akan masuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

“Luar biasa inovasi Karantina Medan,” puji Jan Maringka disambut tepuk tangan oleh pegawai dan rombongan Kementan.

Jan juga mengapresiasi setiap ruang pelayanan di Karantina Medan. Mulai ruang counter pelayanan, ruang klinik ekspor, ruang Podcast, Laboratorium dan Coffee bagi masyarakat. “Tadi fungsi setiap ruangan sudah dijelaskan ibu Lenny. Ruangannya nyaman untuk masyarakat,” ujarnya.

Kepala Karantina Pertanian Medan, Lenny Hartati Harahap menjelaskan hadirnya mobil Serli untuk melayani pengurusan administrasi secara sistem online. Ada juga laboratorium mininya.

Serli juga difungsikan untuk komoditas yang loris, sehingga pemeriksaan Lab mininya hanya sekitar makrosofis. Serli ini lebih diperuntukan untuk Tiki, Shopee ataupun JNE.

“Tidak perlu datang jauh-jauh ke Kantor Karantina Kualanamu,” katanya.

Untuk titiknya, kata Lenny, mobil Serli ini nanti di tempatkan di lokasi-lokasi tertentu, seperti di Jalan Monginsidi, dengan Istana Maimun dan Amplas. Pihaknya berusaha memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada Bapak Jan Samuel Maringka yang telah berkunjung dan meresmikan mobil Serli di Karantina Medan,” ujarnya.

Kunjungan kerja Itjen Kementan dan rombongan disambut tor-tor oleh Pegawai Karantina Pertanian Medan. (Gibson). (JN/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *