oleh

Bakar Sampah Tak Diawasi, Warga Panik Api Merembet ke TPU Gunung Setan

P.SIDIMPUAN – Gegara membakar sampah dan tak diawasi, api merembet ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gunung Setan, membuat warga panik, di Jalan Pangulu Mara Alam Stepu, Kampung Darek Wek Vl, Kecamatan Padangsidimpuan, Kota Padangsidimpuan (PSP), Kamis (10/6/2021) sekitar pukul 13:00 Wib.

Terlihat api merambat cepat ke lahan TPU atau Gunung Setan dengan luas kurang lebih setengah hektar dengan kondisi cuaca panas. Beberapa warga yang menonton kebakaran tersebut sebagian ikut membantu, karena khawatir api menyambar ke rumah sekitar.

“Kebakaran di Gunung Setan ini sudah ketiga kalinya, akibat membakar sampah dan tidak diawasi. Kalau tidak cepat di padamkan, bisa jadi nyamber ke rumah warga sekitar,” kata Adi Sitompul seorang warga Kampung Darek yang bekerja di bengkel Las.

Kabid Damkar Ashadi Muchtar Nasution mengatakan lokasi kebakaran berada di dekat Taman Pemakaman Umum (TPU) yang dikenal dengan sebutan Gunung Setan

“Ada yang membakar sampah, ditinggal lalu membesar, dan membakar tumpukan kayu sehingga semakin membesar, akibatnya warga panik lalu mencoba untuk memadamkan agar tidak menyambar ke rumah sebelahnya,” ujar Ashadi

Ashadi mengatakan,tiga unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan tumpukan sampah yang merambat ke lahan kering yang terbakar.

Sebanyak 18 personel dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang merambat ke lahan perkuburan umum Gunung Setan.” Api berhasil dipadamkan pada pukul 14.30 Wib,” tutupnya. (Irul Daulay)

Berita Terkait