Bakal Calon Bupati Tapanuli Selatan Diduga Covid -19

JELAJAHNEWS.ID, TAPSEL – Beredar info di Media Sosial ( Medsos ), dimana KPU Sumut mengumumkan ada 6 bakal calon yang terkonfirmasi Covid-19.

“Adapun bakal calon yang terkonfirmasi covid-19 ada 6, dimana satu di Binjai, empat di Sibolga dan satu di Tapanuli Selatan ujar kordinator divisi teknis KPU SU,” Batara Manurung melalui pesan singkat kepada kompas.com, Selasa (8/9/2020) malam.

Batara menjelaskan menurut keputusan KPU Tahun Nomor 394 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pendaftaran, rekam medis bakal calon adalah dokumen yang dikecualikan untuk informasi publik. Hal itu juga sesuai keputusan KPU Nomor 116 Tahun 2016.

“Jadi, jika ada kawan-kawan Komisioner KPU di daerah (kabupaten/kota) yang tidak menyebut hasil swab dari bakal calon yang sudah melakukan pendaftaran, itu memang ada aturannya,” kata Batara.

Sebelumnya, Ketua KPU Tapanuli Selatan Panataran Simanjuntak mengatakan, ada dua pasangan bakal calon yang sudah mendaftar. Setelah dilakukan verifikasi oleh tim verifikator, pendaftaran kedua pasangan bakal calon diterima.

Kedua pasangan bakal calon tersebut adalah Dolly Putra Parlindungan Pasaribu- Rasyid Assaf Dongoran dan M yusuf Siregar- Roby Agusman Harahap.

“Sebagaimana penjadwalan tahapan pilkada ini pada tanggal 23 september 2020 akan kita tetapkan calon bupati dan wakil bupati semoga semua berjalan aman dan kondusif. Dan, rapat fleno pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati secara resmi saya tutup,” ujar Panataran kepada pasangan calon yang mendaftar.

Panataran menyatakan, soal ketidakhadiran bakal calon bupati Dolly Pasaribu yang berpasangan dengan Rasyd Assaf Dongaran sesuai dengan PKPU no 10 pasal 50 A, jika ada bakal calon yang mengalami gangguan kesehatan diperkenankan tidak hadir mendaftar.

Saat dikonfirmasi pewarta melalui telpon seluler dan pesan singkat WhatsApp, Rabu (9/9/2020) , Panataran Simanjuntak tidak merespon dan enggan dikonfirmasi terkait pemberitaaan tersebut. ( Irul Daulay)