Ayo ke Danau Toba Dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

PARAPATWakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck) mengajak seluruh wisatawan baik domestik maupun internasional untuk tidak ragu mengujungi destinasi wisata Danau Toba.

Memang pandemi Covid-19 belum berakhir, namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat diyakini hal itu tidak menjadi masalah untuk berkunjung ke tempat – tempat wisata. Hal tersebut disampaikan Ijeck saat berkunjung ke Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di Parapat, Senin (1/2/2021).

“Sejak pendemi Covid-19 melanda, jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba turun drastis. Ini mengakibatkan roda perekonomian di kawasan ini sempat terganggu. Makanya saya mengajak masyarakat untuk tidak takut berkunjung ke Danau Toba dengan menerapkan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan,” ujarnya.

Ia juga mengimbau para pengelola wisata untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai anjuran pemerintah dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

“Kita berharap seluruh pengelola wisata tetap harus menerapkan protokol kesehatan demi menekan angka penyebaran Covid-19,” harap Ijeck.

Pembatasan jumlah pengunjung, jelasnya, mengatur jarak serta penyediaan tempat cuci tangan (handsanitizer) juga harus menjadi perhatian dari setiap pengelola wisata.

“Selain ingin melihat langsung roda wisata di tengah pandemi dan sekaligus memperkenalkan wisata Danau Toba ke kancah international, kita juga ingin melihat sejauh mana tempat wisata menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi,” jelas Ijeck.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengatakan kawasan Danau Toba ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling bagus dan masuk 5 besar destinasi wisata terbaik di Indonesia.

“Kita harus bangga danau terbesar di Asia ada di Indonesia, Sumatera Utara. Suasananya luar biasa asri, ragam  hayati yang ada juga begitu menawan. Saya yakin di bawah kepemimpinan Pak Edy (Gubernur Edy Rahmayadi) dan Ijeck (Wagub Musa Rajekshah), Sumatera Utara khususnya destinasi wisata Danau Toba bakal berkembang,” puji Azis. (IP)